Headlines News :
Home » , » Pemerintah Inhu Selalu Pantau Perkembangan Penanganan Covid-19 Melalui Dinas Kesehatan

Pemerintah Inhu Selalu Pantau Perkembangan Penanganan Covid-19 Melalui Dinas Kesehatan

Written By HARIANBERANTAS on Friday, April 17, 2020 | 5:36:00 PM


HARIANBRANTAS, INHU- Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) saat ini masih kategori dalam zona aman. Bahkan daftar Orang Dalam Pengawasan ( ODP ) terus menurun dan saat ini hanya 47 berstatus ODP yang sebelumnya 48 orang dan 11 ODP selesai pantauan. Sedangkan status Orang Tanpa Gejala (OTG ) termasuk Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) yang terkonfirmasi Covid – 19  melalui pentauan pihak Dinas Kesehatan di Inhu masih tetap  nol.

Untuk Pelaku Perjalanan ( PP ), ada ditemukan berjumlah 2059 orang, ini data diperoleh setiap hari melalui  Kepala Desa,  Puskesmas yang masuk ke Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu. Artinya untuk data, memang berbeda karena disesuaikan dengan pedoman dari Kementerian Kesehatan, sehingga ada istilah pelaku perjalanan, Orang Tanpa Gejala ( OTG ), Orang Dalam Pengawasan ( ODP ), Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ), terakhir pasien terkomfirmasi sesuai penegasan surat  Kementerian  Kesehatan tertanggal 27 Maret 2020 untuk pencegahan dan pengendalian COVID-19 pada revisi 4.

Jika seseorang yang melakukan perjalanan dari Negara atau Wilayah yang sudah terindikasi, karena pulang ke asalnya. Hendaknya melaporkan diri ke Petugas Poko Gugus yang ada di wilayah atau ke Puskesmas setempat terlebih dahulu untuk memudahkan pemantauan yang kemungkinan muncul gejala setelah bersangkutan melakukan karantina mandiri   selama 14 hari sejak kepulangan.

Ini adalah upaya atau langkah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu untuk gerak cepat menekankan pihak tim percepatan penanganan  Covid – 19 guna memutus mata rantai terhadap virus Corona yang bisa mematikan itu.”Demikian  Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE melalui Kepala Dinas Kesehatan Elis Julinarti M.Kes di dampingi Juru Bicara Posko Gugus Percepatan Penanganan Covid -19 pada media kamis,(16/4).

Dalam hal ini. Pemerintah juga melakukan pemantauan gejolak ekonomi di tengah masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu akibat dampak covid-19 ini,  dimana setiap Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) untuk memperhatikan bersama dalam mengatasi penanganan Covid – 19. Dimana terus berangsur menurun perkembangan Covid – 19 yang terjadi Kabupaten Indragiri Hulu.

Biaa kita bersama  memerangi covid-19,percepatan pemutusan mata rantai virus corona, segera berakhir. Namun tetap mengajak’ masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta menghormati maklumat yang telah di ederkan pemerintah hingga nanti mendapat kepastian bahwa kita telah aman.

Sebab juga ada Surat Edaran Bupati Indragiri Hulu No.586/443/Dinkes-P2P/IV/2020 tentang Karantina bagi Pelaku Perjalanan dalam pencegahan Covid – 19, hal hal sebagai berikut dilakukan bagi pelaku perjalanan selama karantina / Isolasi Mandiri  untuk perlu diperhatikan, agar menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya dan tidak boleh melakukan aktifitas di luar rumah, menjaga jarak kontak lebih kurang 1 meter dengan orang lain, selalu memakai masker dan diganti sekali 4 jam, cuci tangan pakai sabun di  air mengalir, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, Upayakan ruangan terpisah dengan keluarga lain, hindari pemakaian bersama keperluan rumah tangga, jaga kebersihan di dalam rumah dengan menggunakan desinfektan dan hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika diperlukan.” ucap Bupati.


Untuk percepatan penanggulangan Covid – 19, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu telah menganggarkan sebesar 90.2 milyar melalui pengurangan kegiatan khususnya yang tidak prioritas di setiap Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) yang ada di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2020, dari  anggaran tersebut, sebesar 46 milyar digunakan untuk penanganan Gugus Tugas Kesehatan pada insentif tenaga kesehatan di puskesmas, tenaga survelence, operasional RSUD Indrasari Rengat, penyediaan APD yang dibutuhkan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19.”pungkasnya.

Melalui laporan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu, juga secara resmi telah membuka pendaftaran program'  Kartu Prakerja ' melalui situs www. prakerja.go.id (Adv)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas