Headlines News :
Home » , » Komisi II DPRD Jabar Minta Program Gugus Tugas Mengerakan Sektor Ekonomi

Komisi II DPRD Jabar Minta Program Gugus Tugas Mengerakan Sektor Ekonomi

Written By HARIANBERANTAS on Saturday, April 18, 2020 | 11:15:00 AM

Harian Berantas, Bandung -  Untuk membahas penanganan dan kebijakan dampak ekonomi Covid-19, Komisi II DPRD Jabar menggelar fokus group diskusi (FGD) melalui video zoom meeting, bersama mitra kerja dan pelaku usaha dari Kadin, HIPMI, API dan APINDO Jawa Barat, Jumat (17/4/2020).
Dalam FGD tersebut diulas berbagai sektor ekonomi yang terdampak akibat mewabahnya virus corona, yang disampikan langsung oleh para kepala Dinas, mulai dari Dinas Budaya dan Pariwisata, Dinas perikanan dan kelautan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Wilayah Kelautan Daerah, Konservasi Alam, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Tanaman Pangan Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, dan Dinas Koperasi dan usaha kecil menengah.
Menurut  Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati pada keterangan  persnya Jumat (17/4/2020) menyebut, kegiatan ini dilaksanakan untuk menginventarisasi dan melakukan langkah-langkah nyata berkenan dengan dampak ekonomi akibat Covid-19.
Seperti sektor perhotelan dan Destinasi Wisata banyak yang terpaksa ditutup. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, ada sekitar 1.200 hotel yang harus tutup.
"Akibatnya sekitar 33 ribu tenaga kerja pariwisata terpaksa harus dirumahkan," kata Rahmat,
Selain itu kata Rahmat, disektor lainya juga mengalami penurun permintaan seperti holtikultura, perikanan, peternakan, pertanian, mesikpun pasokan pangan di Jawa barat hingga saat ini tidak ada masalah hanya ada keterlambatan pasar.
Rahmat meminta, untuk menangani dampak ekonomi tersebut, akselerasi menjadi sangat penting selain soal penaganan emergency kesehatan namun juga harus ada juga penanganan emergency ekonomi.
"Kami sangat apresiatif atas emergency kesehatan Pemprov Jabar,namun harus ada juga yang fokus untuk penangan emergency ekonomi, dalam rangka penguatan pasar domestik,refokusing dan realokasidengan demikian Program Gugus tugas harus mampu mengerakan sektor ekonomi. "Bagus tadi masukan ada gugus tugas yang khusus menangani dampak ekonomi, karena dampak ekonomi ini harus segera diantisipasi," ucapnya.(hs)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas