Headlines News :
Home » » PT. WMI Disinyalir Beroperasi Tanpa Legalitas

PT. WMI Disinyalir Beroperasi Tanpa Legalitas

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, March 19, 2020 | 11:57:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Sadis, brutal dan aneh tapi nyata, itulah suatu pepatah yang cocok disandang oleh PT.Wahana Mandiri Indonesia ( WMI ), Bagaimana tidak.? Perusahaan perkebunan ini sudah berdiri sejak tahun 1997 Atau 23 tahun silam namun belum juga mengantongi Izin Usaha Perkebunan ( IUP ).

Pasalnya, pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Indragiri Hulu, mengakui tidak menemukan legalitas perizinan  yang dikantongi.

Sepengetahuan DPMPTSP, belum ada mengurus perizinan perkebunan yang dikelola PT.WMI. Tapi, tolong kordinasi dengan OPD tehknis terkait, agar lebih jelas.”ujar Kepala DPMPTSP Kabupaten Indragiri Hulu melalui Kabid Perizinan, Hendrik ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Kepala dinas lingkungan hidup Ir. Selamat MM mengatakan, jika WMI benar tidak memiliki IUP untuk pengolahan lahan hingga ratusan hektar, cukup disesalkan adanya pembiaran tersebut. Dan pihaknya pemilik investasi, dinilai telah mengangkangi ketentuan aturan yang berlaku.”tegasnya.

Soal buka usaha pengolahan lahan yang dilakukan WMI lanjutnya’ telah diatur dalam UU  Perkebunan dan Permentan 98 Tahun 2013 tentang syarat perizinan untuk wajib dipatuhi. Artinya, setiap orang atau pengusaha menguasai lahan diatas 25 hektar dalam satu hamparan, diwajibkan harus memiliki IUP jelasnya kepada wartawan diruang kerjanya kamis (12/03).

Untuk menindaklanjuti hal tersebut dan sesuai dengan janji Selamat, DLH kabupaten indragiri hulu melakukan Sinfeksi mendadak (sidak) ke PT. WMI kamis (19/03/20), Alhasilnya apa yang didapat oleh DLH nihil. Sebab pihak managemen perusahan tidak bisa menunjukkan apa saja legalitas yang dimiliki mereka.

Budiani selaku petinggi yang mengaku masih PLT manager PT. WMI dijumpai ditempat tidak bisa banyak berkomentar, Saya masih PLT pak. Dan saya tidak tau apa-apa ujarnya seraya berkelit. Namun nanti saya akan koordinasi dengan atasan saya di jakarta Jelasnya. Mengenai dokumen perkebunan semua ada di jakarta, tapi sepengetahuan saya perusahaan hanya memiliki STDP saja yang dikeluarkan oleh dinas perkebunan beberapa tahun lalu, ketika ditanya apakah Surat tanda daftar perkebunan (STDP) ini bisa jadi legalitas perusahaan hingga mencapai ribuan hektar, saya kurang paham pak, itu dulu saran dari dinas perkebunan singkatnya.

Sementara kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Ir. Selamat MM melalui Kepada bidang (kabid) jonni sangat menyayangkan tindakan perusahaan, sebab perusahaan raksasa yang berdiri puluhan tahun tersebut tidak Koorporatif dan tidak bisa menunjukkan apa saja legalitas yang dimiliki mereka.

Saya heran, tidak mungkin fhotocopy dokumen saja tidak ada pertinggalnya disini tegas joni dengan nada kesal. Namun apa yang menjadi alasan mereka kita hargai, kita sudah kasih waktu satu minggu untuk melengkapi apa yang menjadi kewajiban mereka. Jika dalam satu minggu ini perusahaan tidak bisa menunjukkan legalitasnya, kita akan melakukan proses lebih lanjut singkat joni. (S.Barat).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas