Headlines News :
Home » » Ir.Selamat Pastikan "DLH Akan Sidak ke PT.WMI"

Ir.Selamat Pastikan "DLH Akan Sidak ke PT.WMI"

Written By HARIANBERANTAS on Monday, March 16, 2020 | 9:01:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU– Pemerintah kabupaten indragiri hulu (inhu) melalui Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) akan melakukan sidak ke perusahaan PT.Wahana Mandiri Indonesia (PT.WMI). Hal itu terkait kasus pembukaan lahan untuk usaha perkebunan kelapa sawit diwilayah desa payarumbai kecamatan seberida inhu yang dikakukan WMI tanpa mematuhi aturan yang ada. 

Ya minggu depan, dipastikan akan Inspeksi mendadak ( Sidak ) kelokasi.”tegas Kepala DLH Kabupaten Indragiri Hulu, Ir.Selamat MM pada awak media Minggu,(15/3).

Menurutnya’ pengaturan setiap usaha diatur  UU no 32 tahun 2009 pasal 1 ayat (2), bahwa upaya sistematis dan terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

Sehingga diatur dalam Pasal 109 lanjutnya, bagi setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (1), bisa di berlakukan  dipidana dan penghentian aktifitas mereka ujar Selamat.

Saya heran, ko bisa melakukan praktek usaha perkebunan yang luasannya mencapai hampir 1 ribu hektar, tanpa mematuhi aturan.  Okelah, pihaknya PT.WMI beli tanah, tapi usahanya yang merupakan perintah UU, wajib di patuhi untuk dimiliki perusahaan.

Hal ini cukup heran tambahnya' tananam yang dimiliki hampir replanting, namun dengan kabar belum punya izin tersebut, dinilai menantang ketentuan aturan yang berlaku, dan harus ditindak tegas.”janji Selamet dan juga mantan Kadis Perkebunan Kabupaten Indragiri Hulu dengan nada tegas.

Wakil ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, H Suwardi Ritonga SE dalam hal ini juga menegaskan’, agar instansi terkait tidak melakukan pembiaran bagi perusahaan tanpa memiliki Izin Lingkungan atau IUP sebagai syarat legalitas usaha mereka, khususnya untuk PT.WMI.

Jika mengacu pada UU No.39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan sebutnya, ditegaskan dalam pasal 47, setiap perusahaan Perkebunan yang melakukan usaha budi daya Tanaman Perkebunan dengan luasan skala tertentu dan/atau usaha Pengolahan Hasil Perkebunan dengan kapasitas pabrik tertentu wajib memiliki izin Usaha Perkebunan, dapat di pidana bagi yang tidak mematuhinya.

Adanya kepemilikan SHM sambungnya, tidak ada hubungan dengan usaha yang wajib di patuhi secara UU. Maka pihak PT.WMI harus membuat izin.pungkas Swardi 

Sebelumnya, pimpinan tertinggi dimanagemen PT. Wahana Mandiri Indonesi (WMI) Ir. Andan saat dikonfirmasi tidak banyak berkomentar. Dia berdalil telah memiliki surat hak milik (SHM) yang didapat dari masyarakat. (S.Barat)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas