Headlines News :
Home » , » Anggota DPRD Jabar Ali Rasyid Minta Pemerintah Fokus Pada Corona

Anggota DPRD Jabar Ali Rasyid Minta Pemerintah Fokus Pada Corona

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, March 24, 2020 | 8:44:00 PM

Bandung , Harian Berantas – Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Ali Rasyid meminta pemerintah daerah harus gerak cepat melakukan antisipasi penyebaran virus corona di Jawa Barat.
Menurutnya hal itu penting agar jumlah warga yang terkena virus corona bisa berkurang. Pemerintah juga bisa melakukan pengalihan anggaran dalam upaya menangani penyebaran virus corona di Jawa Barat.  Langkah ini bisa diambil demi menyelamatkan puluhan juta warga Jabar.
"Salah satu langkahnya bisa merealokasi anggaran di APBD demi kemanusiaan. Potensinya sangat besar. Jangan sampai daerah terus-terusan menunggu pemerintah pusat," kata Ali Rasyid, di Tasikmalaya, Senin (23/3/2020).
Selain itu Dia meminta agar pemerntah daerah menghentikan sementara pembangunan infrastruktur jalan, alun-alun dan sarana pendidikan. Untuk sementara, Pemprov Jabar diminta fokus menangani virus corona atau Covid-19.
"Sekarang ini pemerintah harus fokus pada penanganan corona saja. Karena buat apa membangun jalan, alun-alun dan membangun ruang kelas, kalau masyarakatnya tidak terselamatkan," ucapnya.
Ali mengungkapkan, APBD Jawa Barat saat ini senilai Rp 46 triliun. Jika sekitar Rp 11 triliun dipakai menangani penyebaran virus corona di Jabar, menurut Ali, maka kemungkinan besar akan cukup.
Dirinya menyarankan pemerintah mangambil langkah untuk  menunjuk rumah sakit rujukan di setiap kabupaten/kota dengan fasilitas yang memadai
‘’jangan sampai menunggu hingga korban jiwa berjatuhan baru melakukan tindakan.’’ kata Ali
Selain langkah diatas, menurut Ali, Pemprov juga harus menyiapkan insentif  tambahan bagi dokter dan perawat yang menangani corona. Sekaligus menyiapkan alat tes kesehatan yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengecek kesehatannya tanpa harus dipungut biaya.
"Ketika masyarakat diminta untuk tidak bepergian dan diam di rumah, pemerintah juga harus menyiapkan logistik atau pangan bagi masyarakat. Ini penting dalam upaya menangkal penyebaran virus corona di Jabar," tegas Ali.(rp)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas