Headlines News :
Home » , » Tinjauan Anggota DPRD Inhu Prioritaskan Fasilitas Kesehatan

Tinjauan Anggota DPRD Inhu Prioritaskan Fasilitas Kesehatan

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, February 27, 2020 | 1:35:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Pembangunan dibidang kesehatan sangat mendapat perhatian khusus dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten indragiri hulu (inhu). 

Pasalnya, anggaran di bidang kesehatan di Bumi melayu ini salah satu prioritas utama  selain anggaran pembangunan dari bidang lainnya.

Oleh sebab itu, dalam setiap kali kunjungan ke daerah, fasilitas kesehatan tidak pernah luput dari perhatian para wakil rakyat tersebut. Bahkan saat melaksanakan reses, belum lama ini selalu menjadi prioritas utama.

Dimana pihak DPRD menemukan sekaligus menerima laporan dari masyarakat, dimana salah satu puskesmas yang berada dipasiran jalan Hang Lekir kelurahan kampung besar kota (kambesko) Kecamatan Rengat kota, Kabupaten indragiri hulu, pembangunannya terbengkalai.

Hal itu menjadi perhatian khusus wakil ketua II DPRD inhu H. Suwardi Ritonga SE, ketua komisi II Dodi Irawan SHi, dan sekretaris komisi II Martimbang Simbolon.

Wakil ketua II DPRD Inhu H. Suwardi ritonga SE sangat menyayangkan keberadaan pembangunan puskesmas pasiran ini. Sebab, keadaan puskesmas saat ini sangat memprihatinkan karena lokasi tersebut sudah berubah menjadi sarang bagaikan rumah hantu.

Kita kecewa dengan bangunan mubajir dan terbengkalai ini. Kita juga belum tau ini anggaran daerah atau pusat. Nanti kita akan koordinasi dulu sama komisi IV papar Rintangan

Akibatnya, kata dia lagi, bangunan puskesmas yang ada, kondisi atapnya bocor dan sekarang ini sudah jebol. Sudah banyak kaca yang pecah dan juga tembok yang mulai rapuh.

Parahnya lagi, papan informasi pun tidak ada, jadi kita tidak tau siapa pelaksananya dan siapa tuan bangunan ini. Kita juga sudah menerima informasi bahwa bangunan ini kerap dipakai sebagai tempat transaksi narkoba dan sarang maksiat, ungkap waka II DPRD Ritonga yang gentol kritik itu.

Pihaknya dari DPRD Inhu meminta agar pemerintah Kabupaten maupun pemerintah provinsi (Pemprov) dan pemerintah pusat dapat menganggarkan kembali untuk pembangunan dan perbaikan puskesmas tersebut.

Diharapkan kepada rekan-rekan dikomisi IV agar menindaklanjuti temuan ini dan juga memanggil OPD terkait. Tutupnya.

Gedung berlantai satu yang terletak diwilayah Kampung Besar kota (kombesko) Kecamatan Rengat Kabupaten inhu, Provinsi Riau terlihat Sepi Tanpa Penghuni dan tidak ada kegiatan didalamnya, Informasi yang di rangkum oleh awak media ini dilapangan, ternyata bangunan tersebut merupakan Bangunan Puskesmas yang di bangun oleh Pemerintah Pusat beberapa tahun lalu.

Salah seorang Warga Tempatan Hendra mengungkapkan sangat menyayangkan tidak selesainya pembangunannya. dan ketika di tanya kapan dimulainya warga itu pun sudah tak ingat lagi, menandakan sudah cukup lama.

“Kami lupa tahun berapa di bangun, yang jelas ini sudah Lama di bangunnya, kami tidak tau apa penyebabnya sehingga bangunan ini tak selesai dan tak difungsikan hingga saat ini,” Tuturnya rabu (26/02/2020).

“Kami sebagai masyarakat mengharapkan kepada pihak pemerintah agar dapat melanjutkan pembangunan gedung puskesmas yg masih terbengkalai ya seperti yang kita lihat saat ini,” ujar Hendra Sambil menunjuk ke arah bangunan.

Lanjut warga itu, kalau tidak segera di fungsikan dikawatirkan akan menjadi sarang hantu.

“Apa lagi gedung yang ada saat ini sudah seharusnya selesai dibangun agar pelayanan lebih memuaskan bagi masyarakat,” Kata hendra. (S.Barat)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas