Headlines News :
Home » » Pesta Panen Ubi, Meilani Yopi: "Ubi Akan di Jadikan Pembangkit Ekonomi Masyarakat"

Pesta Panen Ubi, Meilani Yopi: "Ubi Akan di Jadikan Pembangkit Ekonomi Masyarakat"

Written By HARIANBERANTAS on Monday, February 24, 2020 | 6:49:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Sekitar 400 warga menyambut kedatangan Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE yang di wakili oleh istrinya Rezita Meilani Meylani Yopi bersama rombongan pada saat pesta panen ubi racun, di Dusun Talang Tanjung Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal Minggu,(23/2).

Kedatangan istri orang nomor satu di inhu Rezita Meilani Yopi didampingi Camat Batang Gansal, Elinarion bersama Kepala Desa Siambul, Umar dan kelompok tani Mekar sari yang datang menyaksikan panen ubi racun disambut dengan penuh semangat.

Begutu tiba di lokasi, Meilani Yopi tanpa basa basi melihat secaralangsung batang ubi untuk mengetahui isi hasil tanaman yang mencapai 6 kilogram satu perbatang.

Rezita Meylani meyakinkan akan menjadi sumber pendombrak perekonomian masyarakat, dimana belum banyak yang familiar dengan jenis tanaman ubi racun untuk dapat dibutuhkan menjadi tepung tapioka, karena kaya kadar pati dibanding ubi biasa. 

Menurutnya’ bahwa Tahun 2019 lalu wilayah kecamatan kelayang berhasil mempopulerkan makanan khas berupa keripik dari olahan jantung pisang yang diproduksi masyarakat untuk dijual, bahkan pemasaran hingga ke luar Kabupaten Inhu.

Dimana olahan ubi racun, yakin Batang Gansal akan menjadi icon, sekaligus sumber pendapatan baru untuk rumah tangga jika semua lini bergerak, termasuk kaum perempuan.”ujarnya.

Optimis akan bisa sukses menjadi sumber rezeki, meski di rumah bukan berarti diam saja, tapi terus bergerak agar ekonomi keluarga maju. Maka panen perdana ubi racun di Dusun Talang Tanjung, Insya’allah akan menjadi tonggak sejarah kecamatan Batang Gangsal untuk meningkatkan sumber daya ekonomi masyarakat.

Masih sebutnya’ kebutuhan kelompok tani akan meminta bantuan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menyediakan alat atau mesin pengolah ubi racun, agar bisa mengembangkan produksinya sekaligus memasuki pasar-pasar industri yang ada.

Saya juga memberikan apresiasi pada petani, dan berharap dapat diolah menjadi tepung untuk bahan makanan, sungguh pintar masyarakat di sini mencari peluang,"tandas Ketua Tim Penggerak ( TP KK ) Kabupaten Indragiri Hulu ini.

Camat Batang Gansal, Elinarion mengatakan, pengoalahan tanaman ubi racun tidak rumit perawatan dengan tanaman lainnya yang harus dipupuk.

Elinarion meyakinkan akan memberikan perhatian kepada semua elemen masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian. Sehingga dibutuhkan ke depan lebih fokus dalam mengembangkan tanaman ubi, apalagi dengan adanya dukungan pemerintah dalam penjualan dan penampungan hasil produksinya.” pungkasnya.

Kepala Desa Siambul, Umar mengatakan, sangat mengharapkan untuk lebih meningkatkan produksi ubi racun, sehingga bisa banyak diserap di dunia usaha.

Umar mengucapkan terimaksih kesempatan  Bupati H Yopi Arianto SE diwakili Rezita Meylani Yopi selaku Ketua TP KK Kabupaten Indragiri Hulu bersama rombongan lainnya, termasuk para Kepala Desa SE Kecamatan Batang Gansal yang meluangkan waktunya menghadiri panen raya di Talang Tanjung.”pungkasnya 

Sementara kelompok tani Mekar Sari diwakili Wariyono mengatakan' bahwa hasil ubi racun ini, bisa mencapai produksinya hingga 50 s/d 70 ton perhektar.

Keyakinan ini salah satu dorongan Kepala desa pada kelompok tani, sehingga pengolahan dapat terwujud. Bahkan diawal pengolahan, anggaran dibina melalui Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) Desa Siambul untuk pengadaan bibit dan obat lainnya, yang hasilnya akan dikembalikan pada kelompok tersebut.

Dimana kelompok tani saat ini sebutnya’ memiliki lahan sekitar 50 hektar, namun baru terkelola penanan baru sekitar 15 hektar yang akan di panen. Jadi melalui Bumdes juga mengadakan mesin pengolahan ubi racun tersebut.”pungkasnya. (S.Barat)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas