Headlines News :
Home » » Hasil Musrenbang di Kecamatan Rengat Barat ada 91 Usulan Prioritas dari 18 Desa

Hasil Musrenbang di Kecamatan Rengat Barat ada 91 Usulan Prioritas dari 18 Desa

Written By HARIANBERANTAS on Saturday, February 8, 2020 | 6:16:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Ditengah pelaksanaan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rengat Barat, terdapat usulan 91 kebutuhan menjadi prioritas dari jumlah 18 Desa dan Kelurahan. Yang dilaksanakan di Aula kantor kecamatan rengat barat Sabtu, (8/2/20).

Musrenbang Kecamatan Rengat Barat dihadiri sekitar 400 undangan diantaranya para Pejabat Kepala Badan, Kadis, Kabid, Kasi di jajaran pemerintahan kabupaten Indragiri hulu, termasuk para kepala desa dan perangkat, BPD dan tokoh masyarakat.

Selain itu juga langsung dihadiri Wakil Ketua I DPRD H Suwardi Ritonga SE ( Partai Gerindra ), Hi.Ninik Muliyani ( Partai PKS ), Ir.H Adek Chandra, MSi( Partai PKB  ) dan  Sulimartin S. Sos (Partai Nasdem ).

Camat rengat Barat H. Hendry S.Sos MSi Menegaskan masih penting ditingkatkan perhatian serius pemerintah dari usulan prioritas seperti infrastruktur jalan Daerah Aliran Sungai (DAS), demikian akses jalan Puncak Selasih menuju Desa Kota Lama termasuk di Desa Talang Jerinjing.

Bukan itu saja, tiap tahun wilayah Kelurahan Pematang Reba, DAS dan Talang Jerinjing selalu terkena musibah banjir, dimana Rengat Barat memiliki luasan wilayah 185.31 kilo meter yang berjumlah 12599 Kepala Keluarga dengan 48697 jiwa terdiri dari 24.145 laki–laki dan 24.556 perempuan Ujar camat.

Bupati H Yopi Arianto diwakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Drs.Junaidi Rachmat MSi dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka mewujudkan masyarakat kabupaten Indragiri hulu yang lebih sejahtera dibutuhkan suatu perencanaan pembangunan yang tepat dan berkualitas, melalui urutan pilihan dan memperhitungkan pemberdaya yang tersusun dengan secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap kepada perubahan., Sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 25 tahun 2004 tentang sisitem perencanaan pembangunan nasional.

Diantara usulan prioritas akan ditindaklanjuti khususnya kebutuhan infrastruktur jalan, dranase. Namun akses jalan Pematang Reba ke Pekan Heran, termasuk daerah DAS lanjutnya' insya'allah yang dapat dilaksanakan hanya berupa pemeliharaan, dan belum bisa mengarah untuk peningkatan jalan tersebut.”ucap Junaidi.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Indragiri Hulu H Suwardi Ritonga SE menegaskan’ ia menilai perencanaan harus lebih matang sesuai azas dan manfaat untuk umum. “Mengapa tidak, disektor pendidikan harus serius memperhatikan, termasuk kesehatan melalui pelayanan di setiap Pustu yang dinilai tidak layak unyuk dihuni.

Lanjut Suwardi, sebagai wakil rakyat wilayah dapil I, siap mengkawal usulan sesuai kebutuhan prioritas. Sebab dari hasil reses yang berlangsung belum lama ini, dewan telah mencatat dan mengetahui kekurangan untuk lebih serius diperhatikan nantinya.” Tutup H Suwardi Ritonga.

Kepala desa Danau baru M. Riduwan SE mengatakan, musrenbang kecamatan menampung aspirasi desa, Yang mana pembangunan yang ada di desa yang tidak terdanai oleh dana desa Inilah yang disampaikan musrenbang kecamatan.

Satu contoh jalan kabupaten Yang berada diarena pacu jalur Danau baru sudah longsor, ini lah yang disampaikan di musrembang Kecamatan ujar Riduwan dengan nada kesal. (S.Barat)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas