Headlines News :
Home » » Desa Petaling Jaya Pilihan Musrembang Kecamatan

Desa Petaling Jaya Pilihan Musrembang Kecamatan

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, February 6, 2020 | 11:24:00 PM

HARIANBRANTAS, INHU- Pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrembang ) dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Gedung Kesenian Desa Petaling Jaya Kecamatan Batang Cinaku Kabupaten Inhu dengan fasilitas yang disiapkan Kepala Desa Petaling Jaya sampai selesai.

Musrenbang Kecamatan tanggal 06/02/2020, di buka langsung Asisten Pemerintahan Umum Dra.Herlina Wahyuningsi Mewakili Bupati H. Yopi Arianto SE di dampingi Camat Batang Cenaku , H.Mas'ud SE dan di hadiri seluruh Kepala Desa yang berjumlah 20 Kepala Desa, Ketua Forum  Kades H. Wahyu Subiantoro, Sekdes, BPD, para perangkat se-kecamatan yang perkirakan 350 lebih menghadiri kegiatan hingga memenuhi Gedung Kesenian.

Camat Batang Cinaku H. Mas'ud SE mengatakan " dalam Membangun  Kecamatan Batang Cintaku, ada sekitar 60 usulan sebagai prioritas, antara lain Jalan yang paling prioritas diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten, Ekonomi dan peningkatan Pertanian.

Masih banyak  tanah yang kosong untuk perlu dikelola. Pekarangan salah satu untuk Ibu ibu untuk meningkatkan ekonomi melalui tanaman holtikultura dan tanaman lain seperti terong dan sayuran lain. Karena selama ini Para ibu ibu masih menunggu along along untuk berbelanja. Maka perlu pelatihan agar trampil dan meningkatkan Sdm ujarnya.

Musrembang juga hadir anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu yang berasal dari Partai PDI Perjuangan’ Halasson Sinaga, Partai Perindo' Martimbang Simbolon dan Partai Hanura' Suroto, ikut serta memantau dalam kegiatan Musrenbang Batang Cintaku.

Juga hadir sejumlah Pejabat di Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu dimulai para Kepala Badan, Kadis PUPR Inhu, Kabid Diskominfo dan Kasi, Danramil, Kapolsek berserta personilnya ikut mengawas pembahasan Musrenbang yang diusulkan masing – masing desa kecamatan Batang Cinaku.

Asisten Pemerintahan Umum Drs. Herlina wahyuningsih mengatakan " usulan musrembang ini adalah hasil usulan dari seluruh Kepala Desa kecamatan Batang Cintaku. Ada 3 poin yang prioritas yaitu " pemantapan pembangunan Infrastruktur, peningkatan ekonomi rakyat dan peningkatan Pertanian pemerintah dan kesra.

perlu juga mengadakan pelatihan kepada ibu ibu untuk meningkat ekonomi, karena Camat mengatakan, masih banyak lahan yang terbiarkan yang masih dapat dimanfaatkan. Juga  Desa perlu Destinasi parawisata unggulan yaitu : meningkatkan kunjungan wisatawan luar ke desa desa, makanan khas juga menjadi perhatian bagi wisatawan.

Suroto Anggota DPRD Inhu dari Partai Hanura mengatakan " ada 3 Pokok yang perlu kita bahas dalam meningkatkan ekonomi rakyat yaitu : Pengaspalan jalan Poros Pejangki ke Dk. 1, jalan Poros Spd kerudung jaya ke Dk 6 dan jalan Lintas Selatan Aspal Aur Cina sesampainya dengan dana 15 milyar dari pusat ujarnya.

Martimbang Simbolon Anggota DPRD Dari Partai Perindo ini mengatakan " kami anggota Dewan sangat Tertarik penjelasan tentang Infrastruktur. Karena Infrastruktur adalah urat nadi Perekonomian. Tadi Camat mengatakan perlu pelatihan kepada Ibu ibu agar trampil, agar Kecamatan Batang Cinaku bisa memproduksi swasembada pangan. Tapi dalam Catatan RKPD  Pembinaan kepada ibu ibu tidak ada.

Maka dengan itu perlu pelatihan  kepada ibu ibu agar menjadi trampil, tidak lagi main fb dan Wa.    Untuk saat ini juga dimasyarakat kita, sulitnya masyarakat mendapatkan Identitas Kependudukan. Saya dengar ada Perangkat Desa yang memungut Biaya untuk pembuatan KTP.

Untuk PUPR dan Penataan Ruang jangan berpangku kepada APBD kabupaten saja, tapi perlu juga dana dari Pusat, propinsi dan DAK dikawal ujarnya.

Rohman Kades Petaling Jaya mengucapkan " wilayah Batang Cenaku tercatat petanya seluas 6.34.43 kilometer persegi, dan jumlah penduduk saat ini 39.794 jiwa yang terdiri 20.580 laki -laki dan 19.214 perempuan yang terdiri dari 72 Dusun, 113 RW atau 279 RT. Sedangkan sarana pendidikan ditingkat SD seluruhnya berjumlah 28 pusat belajar,  SMP Negeri 8 titik, pendidikan Sawaniyah ada di 4 lokasi, alawiyah 3 titik   SMA Negeri 1 titik, dan  2 titik lokasi SMK Negeri, 2 pusat pasar tradisional, 2  Puskesmas dan mempunyai 11
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas