Headlines News :
Home » » Ketua PN Karimun Curhat, "Minimnya Anggaran Dari MA Jadi Penyebab Sidang 'Molor'

Ketua PN Karimun Curhat, "Minimnya Anggaran Dari MA Jadi Penyebab Sidang 'Molor'

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, February 25, 2020 | 6:07:00 PM

HARIANBERANTAS, KARIMUN- Bagaikan teka teki mengatakan, mana yang duluan lahir, "Telur atau Ayam"?

Teka teki ini pantas dinobatkan dengan proses sidang setiap perkara di Pengadilan Negri Kabupaten Tanjung Balai Karimun yang selalu molor.molor.

Ironisnya, saling lempar tanggung jawab.

Pasalnya, pihak Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Balai Karimun setiap hari selalu ulur-ukur menyisidangkan perkara dengan alasan anggaran dari Mahkamah Agung Republik Indonesia sangat minim dibandingkan dengan jumlah perkara yang di sidangkan.

Hal itu diungkapkan Ketua Pengadilan Negeri Kelas II (PN) Karimun, Joko Dwi Hatmoko, SH, MH, kepada wartawan melalui pesan berantai WhatsApp pribadinya,Senin (24/2/2020) malam.

Menurut Joko, anggaran dari MA ke PN Karimun selama ini sangatlah minim bahkan anggaran tersebut sudah habis bulan. Sementara perkara yang disidangkan sangat banyak. Sehingga anggaran tidak sebanding dengan perkara yang masuk.

"Masalah anggaran makan siang tahanan kosong, karena anggaran dari MA sangat minim" Kata Joko. 

Anggaran untuk makan tahanan, sepenuhnya berada di Rutan. Agar tahanan tetap bisa mendapatkan makanan, mereka pun sampai di PN Karimun siang hari. Jelasnya

Selain itu, ada beberapa kendala seperti birokrasi pada saat membawa tahanan dari rumah tahanan (Rutan) / lembaga permasyarakatan (Lapas) oleh Jaksa ke Pengadilan selalu kesiangan.  Ucapnya.

"Karena tahanan datangnya siang dan Jaksa juga hadirnya rata-rata jam 14.00 wib. Besok kita bicarakan dengan Rutan dan kejaksaan. Tutu Joko

Curahan hati (crhat) Ketua Pengadilan Negeri Kelas II (PN) Karimun, Joko Dwi Hatmoko, SH, MH, itu viral seketika setelah salah satu keluarga tahanan berisial HS yang ingin menyaksikan proses sidang keluarga kecewa dengan terlambat disidangkan keluarganya.

HS kesal lantaran informasi jadwal sidang di mulai pukul 10.00 wib. Sementara faktanya sidang baru dimulai sore sampai malam hari. Katanya

"iya bu, masa sidangnya berbeda dengan jadwal sidang yang telah di tentukan. Kami saja datang jam 9.00 WIB" Kata HS dengan kesal, Senin (24/2/2020) di halaman pengadilan Karimun.


"Seharusnya sidang dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB, namun diundur hingga pukul 14.00 WIB, itupun belum juga dilaksanakan" Ucap HS.


HS warga Karimun, khususnya yang sedang berpekara ini, bertanya-tanya mengapa sidang di Pengadilan Negeri (PN) Karimun selalu mulai pada siang hingga sore hari bukan dimulai sejak pagi hari. 

"Dari pukul 9.00 Wib pagi saya menunggu sampai jam 14.00 belom juga dilaksanakan sidangnya," ujarnya kesal.

Hal itu dilakukan karena anggaran yang diberi Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI) ke kami jauh lebih kecil dari volume perkara yang masuk ke PN

"Dan makan siang yang selama ini dianggarkan oleh PN Karimun ternyata sudah habis terserap sejak bulan lalu," katanya.

Dari pantauan wartawan di Pengadilan, Kerap molornya jadwal persidangan juga dikeluhkan oleh sejumlah pengacara dan Jaksa. Namun mereka enggan menyebutkannya secara terang-terangan dan namanya diminta dirahasiakan

Salah satu jaksa yang dikonfirmasi awak media bertolakbbelakang dengan pernyataan Ketua Pengadilan Negeri Kelas II (PN) Karimun, Joko Dwi Hatmoko, SH, MH,. 

Kami dari kejaksaan selalu hadir di PN tepat waktu bahkan kita sudah hadir pada pukul 9 pagi, itu karena banyaknya para tahanan yang akan disidangkan. Ungkap salah satu jaksa yang tidak ingin di sebut nama.

"Itu tidak benar, kita dari kejaksaan selalu hadir tepat waktu dan kita hadir di PN sesuai jadwal yang ditentukan dan bisa lihat sendirikan, kita bersama-sama menunggu dari tadi pagi" katanya.

Pernyataan Ketua Pengadilan Negeri Kelas II (PN) Karimun, Joko Dwi Hatmoko, SH, MH, sangatlah berbeda dengan kenyataan yang dialami oleh para tahanan, jaksa, pengacara dan pengunjung yang ingin menyaksikan proses sidang yang mulia itu. (Tim)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas