Headlines News :
Home » » Sejumlah Ruas Jalan Rusak, Puluhan Personil Polsek Lahewa Gotong Royong

Sejumlah Ruas Jalan Rusak, Puluhan Personil Polsek Lahewa Gotong Royong

Written By HARIANBERANTAS on Friday, January 17, 2020 | 5:41:00 PM

HARIANBERANTAS, NIAS- Kapolsek Lahewa pimpin gotong royong untuk menimbun sejumlah ruas jalan Provinsi di Perbatasan Kecamatan Lahewa Timur, dengan  Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara, provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang sulit dilewati masyarakat akibat kerusakan yang sangat parah.

Pasalnya, sejumlah ruas jalan ini telah mengalami kerusakan yang cukup parah hampir tak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Akibat kerusakan ruasjalan ini membuat sejumlah personil Polsek Lahewa turun gunung untuk mengambil bagian menimbun lobang yang sangat besar demi menjaga keselamatan masyarakat, Kamis (16/01/2020).

Ruas jalan yang di timbun oleh pihak kepolisian di perkirakan panjangnya 30 meter. Selama ini kondisi jalan tersebut sudah cukup lama telah rusak parah dan diduga sengaja dibiarkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Apabila musim hujan maka genangan air disepanjang ruas jalan terlihat seperti kubangan kerbau dan kolam ikan,sehingga setiap masyarakat yang melintasi ruas jalan dimaksud terutama pengendara sepeda motor sangat beresiko, bahkan sering mengalami kecelakaan lalu lintas.

Perlu diketahui lokasi jalan yang rusak yakni sepanjang ruas jalan provinsi di Dusun 5 Desa Tefa'o kecamatan Lahewa Timur dengan perbatasan Desa Sihene'asi Kecamatan Lahewa Nias Utara dengan panjang diperkirakan puluhan hingga ratusan kilo meter. 

Dalam kegiatan gotong royong kali ini terlihat Kapolsek Lahewa AKP Arius Zega,S.H.,M.H, bersama personelnya dan Lembaga Swadaya Masyarakat secara bersama-sama melakukan gotong royong guna mengatisipasi terjadinya kecelakaan maut bagi masyarakat yang melintas

Kapolsek Lahewa AKP.Arius Zega,S.H.,M.H, kepada kru Media www.harianberantas.co.id menuturkan, bahwa ruas jalan ini sebenarnya tanggung jawab dari pihak Dinas PUPR Provinsi Sumut untuk melakukan pemeliharaan secara rutin. Namun sampai saat ini hanya sebagian saja yang di lakukan perbaikan atau pemeliharaan oleh pihak dinas bina marga cabang Gunung sitoli Nias.

Kita lihat kondisi jalan saat ini sangat mengganggu masyarakat khususnya bagi pengendara sepeda motor yang melintas. Karena hanya ini jalan satu satunya penghubung dari kota gunung sitoli menuju kecamatan lahewa Nias Utara." Jelasnya"

Lanjutnya, saat ini kita lihat kondisi jalan tersebut telah mengalami kerusakan dan berlubang yang sangat cukup parah serta di genangi air pada waktu hujan. Akibatnya, banyak pengendara sepeda motor semakin hari makin bertambah korban.

Tambahnya lagi apa bila kita tetap menunggu pihak dinas PUPR Sumut memperbaiki jalan inu, tentunya semakin bertambah korban jiwa. Kemudian siapa yang jadi kobannya adalah masyarakat. 

Maka dari itu pihak kami dari polsek lahewa berinisiatif melakukan gotong royong karna itu salah satu tindakan kami demi mengatisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas terhadap masyarakat umum. Imbuhnya. 

Diharapkan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk memperbaiki ruas jalan ini agar masyarakat terhindar dari kecelakaan. (J. Zalukhu)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas