Headlines News :
Home » » Kebakaran Hutan di Riau Diduga Akibat Ulah Oknum Pengusaha, Aparat Hukum Dusibukan Memadamkan Api

Kebakaran Hutan di Riau Diduga Akibat Ulah Oknum Pengusaha, Aparat Hukum Dusibukan Memadamkan Api

Written By HARIANBERANTAS on Monday, January 20, 2020 | 4:48:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Kebakaran hutan/lahan selalu terjadi hampir setiap tahun di Indonesia terutama di Riau salah satu Provinsi di indonesia yang menjadi langganan ketika memasuki musim kering apalagi musim kering ekstrim (El Nino) diduga dimanfaatkan oleh oknum pengusaha.

Kebakaran hutan lindung sampai kebakaran perkebunan meskipun sudah di antisipasi dan di ingatkan jauh-jauh hari, kebakaran juga tetap terjadi.

Ketika kebakaran hutan dan perkebunan terjadi seperti saat ini, semua pihak cenderung gamang, saling menyalahkan dan dan tak jarang logika yang dipakai jungkir balik.

Lagi-lagi kebakaran tersebut terjadi di wilayah hukum (wilkum) polres indragiri hulu (inhu) pada hari sabtu (18/01/20) ditiga kecamatan masing-masing di desa sekip hilir kecamatan rengat, didesa talang jerinjing kecamatan rengat barat dan didesa petalongan kecamatan pasir penyu kabupaten indragiri hulu. 

Kebakaran ditiga kecamatan tersebut titik hostpot tidak terpantau dari aplikasi lancang kuning, lapan dan BMKG. Adapun titik koordinat lahan yang terbakar yaitu S. 0.26.2.028 E. 102.33.616 dan O• 40525852 S. 102• 33267453E.

Menyikapi hal ini, kepolisian resotr indragiri hulu melalui jajaran polsek pasir penyu dan koramil pasir penyu dan BPBD kabupaten inhu yang dipimpin langsung oleh kapolsek pasir penyu kompol Edi yasman langsung menuju ke TKP untuk melakukan pemadaman. Adapun personil yang dikerahkan untuk melakukan pemadaman 27 personil dari polres dan polsek, 21 personil TNI dari koramil dan kodim inhu 30 personil dari BPBD dan 10 personil dari Manggala Agni.

Upaya penanganan dan pendinginan karhutla mengalami kendala, diakibatkan akses jalan menuju lokasi sangat jauh dan sulit untuk ditempuh baik kendaraan roda empat maupun roda dua, harus menggunakan perahu dan selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki.

Namun perjuangan polres dan kodim juga BPBD ini tidak menyurutkan semangat untuk memadamkan api, hingga membuahkan hasil dan bisa menjinakkan api hingga tidak merembes kemana-mana ucap kapolres inhu AKBP Efrizal sik melalui paur humas Aipda misran.

Lanjut misran, untuk titik api didesa patalongan kecamatan pasir penyu sudah sepenuhnya padam. Namun didesa sekip hilir dan desa talang jerinjing masih ada titik-titik yang mengeluarkan asap tipis, namun patroli serta himbauan masih tetap dilaksanakan tutup Paur Humas Misaran. (S.Barat)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas