Headlines News :
Home » , » Bupati Terobos Bangun Pasar Dan Pembinaan Program HAKI

Bupati Terobos Bangun Pasar Dan Pembinaan Program HAKI

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, December 19, 2019 | 3:14:00 PM

HARIANBRANTAS, INHU- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu,  tembus membangunan Pusat Pasar Tradisional yang tersebar di seluruh Kecamatan,  ini salah satu target pencapaian kebijakan Bupati H Yopi Arianto SE selama menjabat.” Demikian ucapan  Kepala dinas perindustrian dan perdagangan kabuapaten Indragiri Hulu,  Hikmat Praja ST MT.
Bupati Inhu H.Yopi Arianto,SE., Menandatangani Prasasti Pembangunan Pasar Pusat Pembelanjaan

Adapun pencapaian itu sebutnya,  seperti Pusat Pasar di Kota Rengat yang telah dibangun mewah, Pasar Japura,  Pasar Lirik,  Pasar Belilas,  Pasar Kerubung Jaya dan Pasar Kilan Kecamatan Batang Cenaku,  Pasar Pulau Jumat di Kecamatan Kuala Cenaku,  Pasar  Pekan Heran,  Pasar Batang Peranap,  Pasar Seberida, Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal dan Pasar lainnya,  sehingga semua ada 21 titik dibangun sebagai pusat Pasar tradisional.

Semoga dengan keberadaan pasar yang di bangun tersebut,  bisa membantu pada peningkatan ekonomi masyarakat. Dimana wujud realisasi pembangunan pasar tersebut,  merupakan kebijakan prioritas yang menjadi komitmen Bupati, untuk mewujudkan harapan masyarakat.”ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, melalui kebijakan program Bupati juga terus membina pelaku usaha Industri Kecil tentang  HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual ) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sehingga bisa mencapai wujud hasil pada pelaku usaha industri kecil dibidang pandangan pangan termusuk karya kreatif bisa menjadi promosi.
Pemukulan Gong Tanda Peresmian Gedung Pasar Pusat Pembelanjaan di Inhu

Artinya salah satu yang perlu ditumbuh kembangkan motivasi tersebut untuk membuat karya intelektual khusunya berbentuk hak cipta, hak paten, merek, indikasi geografis serta desain industri., termasuk pembinaan, diharap dapat menghasilkan SDM yang kreatif dan inovatif baik di dunia pendidikan maupun para pelaku usaha.

Sehingga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan lanjutnya,  para peserta mendapat gambaran tentang HAKI dan menyiapkan diri untuk mengarahkan hasil penelitiannya berorientasi paten. Bahkan disilahkan para peserta juga dapat berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait HAKI dan cara mendaftarnya kepada narasumber nanti.

Hikmat Praja menambahkan,  belum lama ini membuat kegiatan HAKI yang baru terlaksana di Kantor Bupati Inhu Lt.4 Ruang Pertemuan Thamsir Rachman, yang diikuti ratusa  peserta yang terdiri dari pelaku usaha industri kecil dibidang pangan, sandang, termasuk kerajinan yang berasal dari beberapa kecamatan di Inhu.
Rapat

Dan berrtindak selaku narasumber pada kegiatan pembinaan HAKI itu, dihadiri  perwakilan dari Kementrian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Riau yaitu Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Siti Cholistiyaningsih SH, MH dan Kabid Pelayanan Hukum Mex Mahdy, S.Sos, serta Kabid Perindustrian Disperindag Inhu Suta Rama Atmaja, SP.

Dimana pihak kementrian tersebut,  menegaskan untuk segera mendorong para peserta mendaftarkan produknya agar mendapatkan perlindungan hukum, karena sekarang proses perizinan juga sudah jauh lebih mudah. Beliau juga menghimbau agar masing-masing Disperindag memiliki sentra KI untuk mempermudah pelaku usaha.”ungkapnya.
Bupati Inhu H.Yopi Arianto,SE., Benja Sayur mayur di Pasar yang baru saja di Resmikan sebagai tanda beroperasi

Sekretaris Daerah Inhu, Ir. Hendrzal, SE, M.Si mengatakan,  kegiatan HAKI penting bagi pelaku usaha industri kecil terkait hak paten dan hak cipta karena dapat membuka wawasan pelaku usaha industri kecil tentang manfaat HAKI,  dan pentingnya perlindungan hukum terhadap produk yang dihasilkan"tegasnya yang saat itu kegiatan tersebut,  langsung dibuka H Hendrizal.

Jadi dalam menunjukkan komitmennya, akan melombakan produk-produk UKM tersebut pada puncak peringatan HUT KORPRI mendatang. "Nanti kita bentuk tim penilai dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang akan nilai,  baik dari segi kemasan dan yang lainnya, yang juara akan mendapat hadiah."pinta Hendrizal. Hal tersebut disambut baik dan tentunya semakin menambah antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan. (Advetorial Pemkab Inhu / pinten ).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas