Headlines News :
Home » , » Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE: Masyarakat Butuh Pendidikan Yang Layak

Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE: Masyarakat Butuh Pendidikan Yang Layak

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, December 18, 2019 | 12:07:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Ketika dipercaya masyarakat untuk mengemban amanah sebagai Bupati Indragiri Hulu (INHU) ditahun 2010 yang silam, bupati inhu H Yopi Arianto SE dihadapkan pada sejumlah persoalan yang harus ditangani segera di selesaikanSalah satu diantaranya yaitu dibidang pendidikan.

Sesuai VISI dan MISI  Kabupaten Indragiri Hulu  yakni masyarakat unggul yang agamis berbasih agrobisinis, industri dan pariwisata dan juga janji Bupati untuk  mensukseskan mutu pendidikan, Maka sebagai Bupati yang di beri amanah untuk memimpin 318.393 ribu penduduk di kabupaten Inhu merasa bertanggung jawab untuk mensukseskan visi dan misi tersebut. Hal itu sudah menjadi tanggung jawab secara otomatis.

Menurut pria idola masyarakat itu, "Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi para didik. Pertumbuhan kecerdasan dan potensi diri maka setiap anak bisa memiliki ilmu pengetahuan, kreativitas, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang baik, mandiri, dan menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dimasa yang akan datang.

Ditambahkan-Nya, Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara melalui sumber daya manusia yang handal dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selama kepemimpinan Yopi Arianto, banyak sekolah yang direhap, dibangun dan juga ditambah. Mulai dari PAUD kelompok bermain sebanyak 133, TK 178 dan negri 9. SD Negri 285, swasta 23. SMP 73, diantaranya negri 64 dan swasta 9 yang terdaftar.

Bukan hanya itu, program sekolah Inklusi pun sudah ada dibeberapa kecamatan dikabupaten inhu dan sudah dilaksanakan dikabupaten indragiri hulu mulai tahun 2010, sebab tanpa adanya sekolah Inklusi. Maka mereka akan kesulitan memperoleh pendidikan seperti anak normal pada umumnya.

Keseriusan bupati Yopi dalam mensukseskan pendidikan bukan hanya sampai disitu. Bahkan pemkab inhu juga membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polres indragiri hulu ditahun 2017 silam. Dimana Melalui MoU tersebut, diharapkan semakin banyak putra dan putri kabupaten inhu yang akan mengabdi sebagai anggota polri.

Demi mensukseskan pendidikan, Bupati Indragiri Hulu (INHU) H. Yopi Arianto SE  tidak kenal lelah, untuk melihat kondisi sekolah-sekolah yang ada di kampung-kampung dan dipelosok, Meski terpaksa menggunakan kendaraan bermotor roda dua, untuk meninjau langsung dan menampung segala aspirasi masyarakat di Desa-desa terpencil. Hal ini dilakukannya demi meningkatkan akses pemerataan pendidikan melalui rintisan wajib dan wajar 12 tahun, meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dan meningkatkan manajemen dan tata layanan/kelola pendidikan.

Namun semua pengorbanan, keseriusan dan kerja keras sang bupati pun membuahkan hasil yang sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan 
mendapatkan penghargaan Dwipa Praja Nugraha. Kepada bupati indragiri hulu H. Yopi Arianto SE. Tanda penghargaan yang diterima satu-satunya dari kepala daerah di Provinsi Riau ini disematkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim pada acara Puncak Peringatan HGN 2019 dan HUT ke-74 PGRI di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kab. Bekasi Prov. Jawa Barat. Sabtu (30/11/2019) silam.

Penghargaan Dwipa Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia untuk Bupati Yopi berdasarkan SK. Nomor : 30/ Kep/PB/XXII/2019 tgl 26 Nopember 2019.

Anugerah ini diberikan kepada Bupati Yopi dan beberapa Kepala Daerah lainnya se Indonesia atas perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap mutu pendidikan, pengembangan pofesi guru dan PGRI di wilayah masing-masing.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan (kadisdikbud) inhu Karamuzaman juga mengatakan bahwa dinas pendidikan kabupaten indragiri hulu akan berupaya untuk terus menyediakan layanan pendidikan yang secara berkesinambungan dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga seluruh anak usia sekolah dapat bersekolah dengan layak. 

Ditambahnya, dinas pendidikan kabupaten indragiri hulu akan terus berupaya mewujudkan pelayanan pendidikan yang prima dan selalu berinovasi, kreatif dan memenuhi tuntutan pembangunan sehingga mampu menciptakan SDM yang lebih produktif dan berdaya saing tutup Karamuzaman. (S.barat).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas