Headlines News :
Home » » PT RAU Bangun PKS Raksasa Diduga Non Prosedural

PT RAU Bangun PKS Raksasa Diduga Non Prosedural

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, November 21, 2019 | 7:54:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- PT Regunas Agri Utama (PT RAU) merasa kebal hukum membangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS) berkapasitas 60 ton per jam di Desa Pura Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, hingga kini belum mengantongi Izin Membangun Bangunan (IMB).
Foto lokasi PKS 2 Milik PT. RAU di Desa Pura Kecamatan Peranap Inhu 
Padahal bangunan PKS itu sudah tegak payung, bahkan sudah melakukan aktifitas penggalian berupa kolam kolam diatas lahan puluhan hektar yang statusnya juga belum jelas.

Pj Kades Pura, Nalis dikonfirmasi awak media, Kamis (21/11), mengakui bahwa saat ini PT RAU sedang melaksanakan pembangunan PKS baru di wilayah desanya yang merupakan PKS 2. Sedangkan PKS 1 berada di Desa Simalinang Tebing juga di wilayah Kecamatan Peranap.

Menurut Nalis, sepengetahuannya pembangunan PKS 2 PT RAU yang saat ini sudah tegak payung itu tidak memiliki IMB. Sebab dari pihak Desa Pura memang sama sekali tidak pernah dimintai rekomendasi untuk pengurusan izin membangun PKS PT RAU.

Di lokasi itu ada dua jenis bangunan yaitu bangunan PKS dan bangunan Gardu Induk Tegangan Tinggi guna penopang aliran listrik PKS tersebut. Semuanya belum memiliki perizinan, dan kalau ditanyakan masih dalam proses terus, "jelasnya.

Camat Peranap, Umar, S.Sos dikonfirmasi awak media, Kamis (21/11) mengatakan, dirinya sudah mendatangi lokasi pembangunan PKS yang berkapasitas 60 ton per jam itu untuk mempertanyakan perizinan yang dimiliki terkait dengan bangunan PKS yang sedang berjalan pembangunannya.

Bahkan, kata Umar, karena PT RAU tidak bisa menunjukkan perizinan membangun PKS 2 itu yang selalu jawabanya masih dalam proses, saya perintahkan agar menghentikan semua aktivitasnya.

Sebelum pihak perusahaan belum memiliki perijinan dalam pembangunan PKS itu, tidak diperkenankan melakukan aktivitas pembangunan. Artinya menunggu perijinan itu selesai dululah baru boleh eksen, "tegasnya.

Menurut Camat Umar, apa yang telah dia perintahkan untuk penghentian aktifitas pembangunan PKS PT RAU itu, pihak perusahaan mengabaikannya. Bahkan Camat mendapat kabar bahwa pihak PT RAU akan memutasikan Camat Umar untuk tidak menjadi camat di Peranap, "ucapnya.

Kadis LHK Inhu, Ir Slamet, MM, dikonfirmasi awak media, Kamis (21/11) mengatakan, masih akan melakukan pengecekan terhadap perijinan pembangunan PKS PT RAU.

Namun, sepengetahuan Slamet belum ada merekomendasikan perijinan lingkungan terhadap pembangunan PT RAU di Desa Pura Kecamatan Peranap, Inhu, Riau itu, "jelasnya singkat.

Anggota DPRD Inhu yang berdomisili di Peranap, Zamzami mengatakan, pihak PT RAU memang sangat keterlaluan, belum mengantongi izin sudah nekat melaksanakan pembangunan PKS.

Menurut anggota Dewan dari Partai PKS itu, hal ini perlu dipertanyakan dengan instansi terkait dan ada apa kok bisa dan beraninya PT RAU itu melaksanakan pembangunan PKS. Sementara perijinan belum dimiliki.

Humas PT RAU, Doddy dikonfirmasi awak media, Kamis (21/11) mengakui bahwa PT RAU sudah melakukan pembangunan PKS 2 di Desa Pura Kecamatan Peranap Kab. Inhu. Bahkan dirinya membenarkan belum memiliki IMB.

Kalau izin lokasi kami sudah punya. Saat ini kami secara internal masih lakukan kajian. Dan secepatnya akan mengajukan permohonan IMB ke Pemda Inhu, "sebutnya. (LM).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas