Headlines News :
Home » , » Dana Transportasi Pendamping Desa dan UED-SP Dikorupsi, Tiga Pejabat Inhu Divonis Hakim Tipikor

Dana Transportasi Pendamping Desa dan UED-SP Dikorupsi, Tiga Pejabat Inhu Divonis Hakim Tipikor

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, November 27, 2019 | 9:57:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada PN Pekanbaru, Provinsi Riau kembali menggelar sidang terhadap tiga orang mantan pejabat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hulu dengan dugaan korupsi dana transportasi pendamping desa dan UED-SP senilai Rp1,9 miliar pada tahun anggaran 2012-2014 lalu. 

Kali ini, Rabu (27/11) para terdakwa mendengar putusan majelis hakim.

Kepala Kejaksaan Negeri Inhu, Hayin Suhikto melalui Kasi Pidsus Ostar Alpansri SH MH menyatakan, terdakwa divonis Majelis Hakim sesuai dengan Pasal 3 UU Tipikor.

Ketiga terdakwa itu diantaranya mantan Kadis PMD Inhu Suratman yang sebelumnnya dituntut JPU 3 tahun 6 bulan dan oleh majelis hakim memberi pidana 2 tahun 4 bulan, subsider 6 bulan dan diperintahkan mengembalikan uang pengganti (UP) sebesar Rp 429.750.000 atau subsider 2 tahun dan denda Rp50 juta atau subsider 3 bulan dan telah menitipkan UP sebesar Rp120 juta. Namun statusnya masih tahanan kota hingga Incraht, sebut Ostar.

Untuk terdakwa Sapri Beni, disaat itu menjabat sebagai Sekretaris di PMD Inhu sebelumnya dituntut 2 tahun penjara dan telah mengembalikan UP sebesar Rp 62.946.000, dihukum 1 tahun 4 bulan, denda Rp 50 juta kurungan 2 bulan potong tahanan.

Sedangkan terdakwa mantan PPTK, Bariono sebelumnya dituntut 7 tahun 6 bulan divonis 6 tahun, denda Rp 200 juta atau subsider 3 bulan dan diperintahkan mengembalikan UP sebesar Rp 1.447.254.000 atau subsider 2 tahun.

Dalam persidangan yang digelar. Dipimpin oleh Saut Marulitua Pasaribu,SH MH sebagai Ketua Majelis Hakim dan dibantu oleh Hakim Anggota Dahlia Panjaitan, Poster Sitorus,SH,MH.

Sedangkan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Inhu dipimpin oleh Ostar Al Pansri,SH,MH, Rionald Napitupulu,SH,MH Misael Tambunan,SH

Hal ini, terkait hasil putusan majelis hakim para terdakwa dan JPU menyampaikan sikap untuk pikir-pikir. (rls/red)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas