Headlines News :
Home » » Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si. Terima Penghargaan Swasti Saba Sebagai Kota Sehat 2019 dari Menkes dan Mendagri

Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si. Terima Penghargaan Swasti Saba Sebagai Kota Sehat 2019 dari Menkes dan Mendagri

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, November 19, 2019 | 5:38:00 PM

HARIANBERANTAS, KARIMUN- Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si. Mengadiri Undangan Menkes dan Mendagri dalam rangka penerimaan Penghargaan Swasti Saba sebagai kota sehat 2019.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menkes RI, Terawan Agus Putranto dan Mendagri, Tito Karnavian kepada Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S. Os., M. Si di Kantor Kemendagri, Jakarta. Selasa (19/11/2019).

Penghargaan itu bukan hanya diberikan kepada Kabupaten Karimun dan juga diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah masingmasing  provinsi dalam rangka penyelenggaraan kabupaten/kota sehat 2019.

“Penghargaan diberikan atas upaya yang dilakukan daerah selama 2 tahun terakhir disetiap periode. Pemberian penghargaan tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN),” jelas Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes, Imran Agus Nurali. 

Kriteria penghargaan adalah Pada kualifikasi pemantapan (2 tatanan) yakni :
  1. Wiwerda untuk kualifikasi pembinaan (3 tatanan); dan
  2. Wistara untuk kualifikasi pengembangan (5 tatanan).
Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba 2019 diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Tahun 2005 pemberian penghargaan KKS diberikan oleh Wakil Presiden RI. Selanjutnya Pemberian Penghargaan KKS tahun 2007 hingga 2017 diberikan oleh Menteri kesehatan RI bersama dengan Menteri Dalam Negeri.

Pada tahun 2019 terdapat 202 Kabupaten Kota yang mengusulkan untuk diverifikasi oleh Kemenkes, baik verifikasi dokumen maupun verifikasi lapangan di tingkat nasional. Dari hasil verifikasi lapangan selanjutnya dirapatkan dengan Kementerian Dalam Negeri.

Berdasarkan hasil rapat disepakati bahwa penghargaan diberikan kepada pada 177 Kabupaten Kota dan 6 Tim Pembina Provinsi terbaik serta 3 orang influencer tingkat provinsi yang aktif dalam mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten kota diwilayah provinsinya.

Para penerima penghargaan diberikan sertifikat yang ditandatangani oelh Menteri Kesehatan RI.pungkasnya(Rini)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas