Headlines News :
Home » » Tim Mabes Polri Dan Gakkum KLHK Pulbaket Karhutla Di PT. GH Inhu

Tim Mabes Polri Dan Gakkum KLHK Pulbaket Karhutla Di PT. GH Inhu

Written By HARIANBERANTAS on Friday, October 11, 2019 | 4:56:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Tidak main-main, sehari setelah berada di Riau, tim Mabes Polri bersama Gakkum KLHK dan ahli Drone turun kelokasi tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (10/10) di areal konsesi hak guna usaha (HGU) PT Gandaerah Hendana (PT. GH) Desa Seko Lubuk Tigo (Seluti) Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Keberadaan daripada tim tersebut adalah menindaklanjuti proses hukum para pelaku Karhutla koorporasi . 

Tim tersebut dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipiter) Bareskrim Polri, Brigjen Pol M Fadil didampingi oleh Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunaryo dan Yasid Nurhuda dari Gakkum KLHK.

Turut hadir Waka Polres lnhu Kompol Roni Syahendra SH, S.lk, M.Si, Kabag OPS Kompol A Salmi, Kasat Reskrim AKP Febryandi S.lk, Kasat Sabhara AKP Hendri S.Sos, Kapolsek Lirik AKP Ali Azar S.Sos, Kades Seluti, Jailis dan Manager kebun III PT. GH, Syahrin Rambe beserta Staff nya.

Manager kebun III PT. GH, Sahrin Rambe mengakui bahwa Karhutla seluas 100 hektar yang terjadi beberapa hari lalu di Desa Seluti itu merupakan areal konsesi HGU PT. GH, "ucapnya kepada Brigjen Pol M Fadil

Namun, kata Sahrin, selama ini lahan tersebut dikuasai oleh masyarakat. Ada sekitar 2000 hektar HGU PT. GH areal kebun III dikuasi masyarakat. Sedangkan PT. GH hanya mengelolah lebih 3000 hektar, "jelasnya.

Kami (PT. GH-red) sudah berupaya berulang kali untuk menyelesaikan masalah ini. Bahkan sudah kami surati pihak Pemkab. Inhu. Tapi, sampai saat ini belum ada hasilnya, "sebut Sahril.

Menyikapi hal itu, Brigjen Pol M Fadil meminta kepada timnya untuk mengumpulkan data termasuk legalitas milik PT. GH. "Kita hadir di sini untuk melihat secara langsung lokasi Karhutla di Desa Seluti ini,"ucap Dirtipiter Mabes Polri itu.

Jenderal Polisi Bintang Satu Mabes Polri itu menegaskan, Jika nanti kita temukan dua alat bukti, maka statusnya kita tingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan. Kalau terbukti, kita sikat.

Pak Kades dan Pak Kapolsek, tolong dipantau terus lokasi ini. Jangan sampai ada aktivitas di lokasi lahan yang terbakar ini, "tegasnya di hadapan anggota timnya. (Lamhot Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas