Headlines News :
Home » » Rohil Dilanda Krisis Blangko e-KTP, Bupati Rohil Sarankan Warga Rohil Urus Suket di Disdukcapil

Rohil Dilanda Krisis Blangko e-KTP, Bupati Rohil Sarankan Warga Rohil Urus Suket di Disdukcapil

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, October 8, 2019 | 11:46:00 AM

HARIANBERANTAS, ROHIL- Bupati Rokan Hilir melalui  terpaksa keluarkan Surat Edaran (SE) dengan Nomor:474/Disdukcapil/PIAK/2019/297 sebagai tindaklanjut Surat Dirjen Dukcapil Kemendagri tertanggal 26 Agustus 2019 yang pada intinya menyampaika,  ada beberapa daerah Kabupaten/Kota saat ini mengalami kekurangan blangko e-KTP diantaranya, Rohi, kurang lebih dalam dua bulan ini Kabupaten Rokan Hilir mengalami kekosongan blangko e-KTP (Elektronik).

Hal ini dikata Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Rokan Hilir (Rohil) Basarudin kepada sejumlah wartawan di Bagian Siapi-api, Selasa (8/10/2019).

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Rohil, untuk pengganti e-KTP yang rusak, hilang, perubahan elemen data dapat diganti dengan Surat Keterangan (Suket) sementara sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk Eltronik (e-KTP).

"Untuk pengganti e-KTP yang rusak, hilang atau perubahan data dapat diterbitkan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti Identitas. Masyarakat bisa mengurus SUKET ini di Disdukcapil. Suket ini bisa digunakan untuk semua urusan pelayanan publik diberbagai instansi" Jelasnya

Menurut Bassarudin, sesuai dengan SE Bupati Rohil, H. Suyatno, SUKET yang diterbitkan menerangkan bahwa penduduk tersebut benar-benar telah melakukan perekaman e-KTP dan telah terdata dalam Database Kependudukan Rohil. 

"Bagi penyelenggara pelayanan publik baik instansi pemerintah maupun swasta yang meminta e-KTP sebagai salah satu syarat pelayanan, agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membawa SUKET sebagai pengganti e-KTP" katanya. 

Basarudin berharap dengan solusi Suket ini sebagai pengganti e-KTP dapat melancarkan segala urusan administrasi pemerintahan dan masyarakat. Masyarakat  juga dapat terbantu dengan adanya Suket ini.

Saya atas nama pemerintah Kabupaten Rohil mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah dan swasta agar tidak mempersulit masyarakat. Semoga kelangkaan blangko e-KTP ini secepatnya didatangkan. Ujarnya. Seperti di kutip dari borgolnews.com.

Editor :  Anas
Penanggungjawab : Redaksi.


Pembaca setia apa komentar anda? Silahkan isi pada kolom dibawah ini 👇
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas