Headlines News :
Home » » Diduga PT.PN V Terlantarkan Karyawan, Kormaida Siboro,SH: Pak Presiden Jokowi Mohon Keadilan Bagi Buruh

Diduga PT.PN V Terlantarkan Karyawan, Kormaida Siboro,SH: Pak Presiden Jokowi Mohon Keadilan Bagi Buruh

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, October 9, 2019 | 9:42:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU– Sungguh malang nasib sejumlah buruh/karyawan pasca diusir paksa dari perumahan/mess oleh oknum pimpinan managemen serta security PT.PN V pada Kamis, (22/08/2019) lalu.

Mirisnya, pengusiran itu dsaksikan oleh oknum aparat Kepolisian dari Polsek Tandun dan Oknum Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD), sekan-akan merestui perbuatan jahat oknum pimpinan managemen, dan security PT.PN V tersebut. Hingga kini buruh/karyawan PT.PN V itu saat ini menderita.

Informasi yang didapat dari Ketua MPC Serikat Buruh Sejahtra Indonesia (SBSI) Wilayah Riau, Kormaida Siboro, SH menjelaskan, pengusiran terhadap 66 kepala keluarga buruh/karyawan PT.PN V lantaran buruh/karyawan ikut bergabung di Serikat Buruh Sejahtra Indonesia (SBSI) Wilayah Riau dan mempertanyakan hak tunjangan hari raya (THR). PT.PN V itu melarang buruh/karyawannya ikut Serikat Buruh Sejahtra Indonesia (SBSI) dan mempermasalahkan THR yang belum di bayar oleh PT.PN V selama ini.

Parahnya Kata Kormaida Siboro, SH, pengusiran dilakukan pihak PT.PN V dengan cara memaksa karyawan/buruh keluar dari perumahan/mess, barang-barang milik karyawan/buruh dibuang keluar rumah dan mengunci paksa pintu bahkan ada yang dibongkar., beber Kormaida, Rabu, (09/10/2019) pukul 20.44 Wib.

Perilaku pihak PT.PN V terhadap karyawannya mendapat pengawalan ketat dari pihak oknum Polisi dan TNI guna mengintimidasi masyarakat. Padahal fungsi Polisi dan TNI sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, bukan sebaliknya. Keahdiran oknum Polisi dan TNI pada saat itu, buruh/Karyawan tidak bisa berbuat apa-apa karena takut di rudal oleh oknum apat kedua lembaga keamanan tersebut.

Langkah-langkah yang telah diambil oleh SBSI, membuat laporan Polisi dan mengadukan ke Pihak Dinas Ketenagaan Kerjaan dan Trasmigrasi, namun hingga kini hasilnya masih nihil.

Saya (Kormaida Siboro,SH,red) mewakili para buruh/karyawan memohon kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo untuk memberikan keadilan kepada masyarakat tertindas.

“Pak Presiden Jokowi, Mohon keadilan atas pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan manajemen PT.PN V di Riau kepada Buruh/Karyawan. Saat ini buruh/Karyawan telah di terlantarkan” Pintanya.

Pihak PT.PN V hingga kini belum terkonfirmasi. Begitu juga pihak Polres Rokan Hulu juga belum berhasil di konfirmasi terkait tindak pidana pengusiran terhadap buruh/karyawan tersebut. (Tim)

Silahkan berikan komentar anda pada kolom dibawah iniπŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas