Headlines News :
Home » » Diduga Kuasai HPT Ribuan Hektar, Yayasan Firmar Abadi Pekanbaru Gugat PT. Tasma Puja ke PN Rengat

Diduga Kuasai HPT Ribuan Hektar, Yayasan Firmar Abadi Pekanbaru Gugat PT. Tasma Puja ke PN Rengat

Written By HARIANBERANTAS on Monday, September 30, 2019 | 1:17:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Yayasan Firmar Abadi Pekanbaru secara resmi mengajukan gugatan perdata legal standing terhadap perusahaan pekebunan kelapa sawit PT Tasma Puja (PT. TP) ke Pengadilan Negeri (PN) Rengat dengan nomor : 8/Pdt.G/LH/2019/PN. Rgt.

Gugatan itu di daftarkan oleh Sekretaris Yayasan Firmar Abadi, Mardun, S.H ke Pengadilan Negeri Rengat-Inhu pada tanggal 18 Juni 2019 lalu, katanya saat di konfirmasi Harianberantas.com, Kamis (26/9) lalu melalui via seluler. 

"Benar, minggu kemaren secara resmi telah kita daftarkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Rengat-Inhu" 

Selain sebagai Sekretaris, Mardun, S.H juga merangkap sekaligus sebagai kuasa hukum dari Yayasan Firmar Abadi. Dirinya mengatakan, dasar kami melakukan gugatan adalah karena sejak tahun 2005 silam, kami menduga bahwa PT. TP melakukan pembabatan liar terhadap hutan negara yang berstatus Hutan Produksi Tetap (HPT) seluas 2550 hektar dan mengubahnya menjadi perkebunan kelapa sawit.

HPT seluas 2550 hektar yang sudah berubah fungsi tersebut terletak di Desa Anak Talang dan Desa Kepayang Sari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, "ucapnya.

Menurutnya, setiap korporasi yang akan mengelolah hutan negara apalagi masih berstatus HPT menjadi perkebunan kelapa sawit harus terlebih dahulu mendapatkan izin pelepasan atau pinjam pakai kawasan hutan dari menteri. Dalam hal ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang tertuang dalam Kepmen Kehutanan nomor : 173/Kpts-II-1998 dan Kepmen LHK nomor : 903/MENLHK/2017 tentang areal kawasan hutan riau.

Berbeda halnya terhadap HPT seluas 2550 hektar tersebut yang diduga dilakukan oleh PT. TP tidak mengacu pada aturan perundang undangan yang berlaku. PT. TP sudah puluhan tahun menikmati meraup keuntungan dari hutan negara.

Maka dari itu, kami selaku penggugat meminta kepada Majelis Hakim PN Rengat agar mengabulkan point-point gugatan sebagaimana kami tuangkan pada materi gugatan.

Yaitu : memerintahkan tergugat ( PT. TP-red) agar mengembalikan pungsi atau mereboisasi kembali HPT seluas 2550 hektar itu kepada pungsi semula, dan memerintahkan tergugat membayar denda sebesar Rp 10 Juta setiap hari kepada negara selama masa reboisasi berlangsung, "sebut pengacara itu.

Mardun, S.H memaparkan, tanggal 16 Pebruari 2015 lalu, Direktu PT. TP, Ketut Sukarwa mengajukan permohonan rekomendasi pelepasan kawasan hutan ke Gubernur Riau cq Dinas Kehutanan Prov. Riau dan Dinas Penanaman Modal Daerah Pelayanan Satu Pintu (DPMDPSP) Prov. Riau dengan nomor surat : 032/TP.11.2015.

Ternyata tanggal 24 Maret 2015, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kehutanan Prov. Riau, Prof. DR. H. Irwan Efendi, M.Si menolak atas permohonan daripada PT. TP, "pungkasnya.

Eva Nora, S.H, M.H selaku kuasa hukum dari tergugat satu mengatakan, saat ini saya belum bisa berkomentar banyak terkait gugatan dari Yayasan Firmar Abadi terhadap klien saya. Ya kita ikuti aja dulu proses sidang berikutnya, "sebutnya kepada Harianberantas.com, Kamis (26/9) lalu via selulernya.

Sementara Direktur PT. TP, Ketut Sukarwa juga ditelepon bahkan di sms WhatsApp pun belum bersedia memberikan klarifikasi.

Terpisah, Humas PN Rengat, Immanuel Marganda Putra Sirait, S.H, M.H membenarkan bahwa Yayasan Firmar Abadi sudah mendaftarkan gugatan perdata legal standing terhadap PT. TP ke PN Rengat tanggal 18 Juni 2019 lalu.

Bahkan sudah dua kali berlangsung sidang. Yaitu, sidang pertama tanggal 9 September 2019 dan sidang kedua tanggal 16 September 2019 lalu dengan agenda jawaban eksepsi dari pihak tergugat satu. Sidang berikutnya sudah dijadwalkan hari Selasa tanggal 1 Oktober 2019, "jelasnya, Kamis (26/9) lalu via selulernya. 

Diketahui, Kementrian LHK Jakarta sebagai tergugat dua dan Pemprov Riau tergugat tiga serta Pemkab Inhu tergugat empat. (Lamhot Manurung).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas