Headlines News :
Home » » Ineu Purwadewi: Idealnya Jawa Barat Miliki 42 Kabupaten/Kota.

Ineu Purwadewi: Idealnya Jawa Barat Miliki 42 Kabupaten/Kota.

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, August 21, 2019 | 4:47:00 PM

Bandung, Harian Berantas - Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, mengatakan idealnya Jawa Barat memiliki 42 kabupaten dan kota supaya pembangunan dan pelayanan publik lebih terjangkau masyarakat.
Menurutnya, DPRD Jabar pun selalu mendorong upaya pemekaran daerah tingkat dua tersebut di Jawa Barat.
Ineu menyebut sudah ada tiga daerah otonomi baru atau calon daerah otonom baru ( DOB ) yang diusulkan masyarakat setelah pengesahan pemekaran Kabupaten Pangandaran dari Kabupaten Ciamis.
Tiga calon DOB tersebut adalah Kabupaten Garut Selatan, Bogor Barat, dan Sukabumi Utara.
"Karena ada moratorium dari pemerintah pusat, belum lanjut proses di pusatnya. Di tingkat pemerintah provinsi, sudah selesai yang tiga calon DOB ini," kata Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Selasa (20/8/2019).
Banyak aspirasi masyarakat, katanya, yang menginginkan memekarkan wilayahnya supaya bisa lebih maju dan layanan publik lebih terjangkau. Hanya saja, syarat pemekaran wilayah ini tidaklah mudah.
"Tidak mudah memang karena ada persyaratan sebelumnya. Ada juga kabupaten yang masuk di kami, di pemerintah, tapi persyaratan belum memenuhi, kembali lagi ke daerah. Memang itu memerlukan waktu yang panjang," katanya.
Ineu menilai tidak hanya di Jabar, di beberapa daerah lain di Indonesia pun terjadi desakan pencabutan moratorium pembentukan DOB tersebut.
"Walau morarorium, minimal DOB yang sudah by process yang kemarin kena moratorium itu ada bahasan lanjutan di pusat. Itu pun seperti di Pangandaran memerlukan tiga tahun untuk memastikan DOB baru itu," katanya.
Selain tiga calon DOB yang sudah dibahas di tingkat pusat, katanya, belum ada lagi usulan calon DOB baru, terakhir calon DOB Tasikmalaya Selatan. Itupun, katanya, berkasnya kembali dikembalikan karena masih kurang persyaratan kajian.
"Kami kan diskusi dengan Bappeda waktu periode yang lalu memang antara 40-42 idealnya, tapi kan kita juga sekarang baru 27, dan yang ada di pusat itu 3, yang saya sebutkan dalam rapat paripurna," katanya.
Pemekaran DOB, katanya, perlu disertai proses. Jangan sampai pemerintah pusat dan provinsi saja yang menindaklanjuti di daerah. Perlu ada pemikiran bersama terkait persyaratannya, misalkan mengenai kemampuan pendapatan daerahnya dan rencana matang setelah pembentukkan DOB. katanya.(rp)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas