Headlines News :
Home » » Unit Reskrim Polsek Karimun Berhasil Mengungkap Tindak Pidana Pencurian

Unit Reskrim Polsek Karimun Berhasil Mengungkap Tindak Pidana Pencurian

Written By HARIANBERANTAS on Sunday, July 28, 2019 | 12:51:00 PM

HARIANBERANTAS, KARIMUN - Unit Reskrim Polsek Balai Karimun telah melakukan Penangkapan terhadap 1 (satu) orang pelaku tindak pidana Pencurian berinisial NNP (58). Kamis (25/7/2019) sekira pukul 23.00 wib. Di depan Warung Bakso Pasar Malam Jalan Trikora Kelurahan Balai Kota, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun.

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono SIK mengatakan pelaku ditangkap atas dasar laporan ibu INA (43) Tukang Parkir, warga Teluk Air, RT 001 RW 001 Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun.

Kapolsek Balai Karimun, menjelaskan Kronologisnya pada hari Kamis (25/7/2019) sekira jam 14.15 wib pelapor (INA) meletakkan 1 buah Kantong Plastik warna Hitam yang berisi uang sebesar Rp 2.000.000 ( dua juta rupiah ) dan 1 unit Hp merek Cross warna Putih di depan Warung Bakso Pasar Malam Jalan Trikora Kelurahan Balai Kota, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun

Setelah pelapor pergi membeli air tidak jauh dari tempat tersebut. Lalu beberapa saat kemudian INA kembali ingin mengambil 1 buah Kantong Plastik warna Hitam yang berisi uang sebesar Rp 2.000.000 ( dua juta rupiah ) dan 1 unit Hp merek Cross warna Putih di depan Warung Bakso Pasar Malam namun 1 buah Kantong Plastik warna Hitam dan 1 unit HP merk Cross warna putih tersebut sudah tidak ada lagi.

"Atas kejadian tersebut INA melaporkan kejadian ini ke Polsek Balai Karimun guna proses lebih lanjut, Tindakan yang diambil, Mengintrogasi Korban / pelapor dan Mendatangi TKP serta Mengamankan barang bukti," jelas AKP Budi Hartono SIK.

Kapolsek juga menerangkan kepada awak media tentang pengungkapan,  Pada hari Kamis tanggal 25 Juli 2019 sekira jam 14.45 wib Kanit Reskrim Polsek Balai Karimun beserta anggota mendapatkan informasi dari KA SPK Polsek Balai Karimun bahwa korban melaporkan perihal perkara Pencurian tersebut.

Kemudian, Sambungnya, setelah mendapatkan informasi tersebut Kanit Reskrim Polsek Balai Karimun berserta anggota melakukan penyelidikan. Lalu sekira jam 23.00 wib hari Kamis tanggal  25 Juli 2019, Kanit Reskrim beserta anggota melakukan penangkapan terhadap NNP pelaku dalam perkara ini dan kemudian mengamankan barang bukti dari pelaku berupa uang sebesar Rp 2.000.000 ( dua juta rupiah ) dan 1 unit Hp merek Cross warna Putih.

"Terhadap pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Balai Karimun untuk pengembangan lebih lanjut," ungkap AKP Budi Hartono SIK. 

Setelah itu pada hari ini Jumat tanggal 26 Juli 2019 sekira 08.30 wib telah diselesaikan perkara pencurian tersebut secara kekeluargaan dengan perjanjian sebagai berikut, lanjut Kapolsek, pertama Korban dan pelaku sepakat menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan.

Kedua, Pelaku meminta maaf kepada korban atas perbuatan yang telah dilakukan oleh pelaku terhadap korban dan korban memaafkannya.

Kemudian, Pelaku mengembalikan barang-barang milik korban berupa uang sebesar Rp 2.000.000 ( dua juta rupiah ) dan 1 unit Hp merek Cross warna Putih.

Dan Pelaku berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi baik terhadap korban maupun kepada orang lain. Serta Korban tidak akan menuntut lagi perbuatan pelaku dikemudian harinya. Jelasnya.

Dengan adanya kejadian ini Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono SIK, mengatakan, Makanya kita himbau kepada masyarakat janganlah meletakkan barang-barang berharganya hanya di kotak laci motor saja.

"Sehingga orang dengan gampang mengambilnya disaat pemilik lengah, karena kejahatan itu terjadi, karena ada niat dan kesempatan," ujarnya.

Kalau kesempatan kita kasih seperti kejadian korban ini alami ya orang lewat tertarik untuk mengambil barang berharga tersebut. Sambungnya.

Mungkin pelaku lagi banyak kebutuhan tapi tidak ada uang, lewat liat ada barang berharga (kesempatan) ya diambilnya.

"Alangkah baiknya taruh di dalam jok motor saja kan ada kuncinya , lebih aman. walaupun hanya ditinggal sebentar. Kalau dalam jok kan tidak was- was," terang Budi. (Rini)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas