Headlines News :
Home » » PT. Pas Diduga Buang Limbah ke Desa Mertua Bupati

PT. Pas Diduga Buang Limbah ke Desa Mertua Bupati

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, July 10, 2019 | 7:28:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU - Hari ini 9/7/2019 masyarakat melalui Kantor  Desa Sialang Jaya Kecamatan Lirik Inhu resmi melaporkan Pt. PAS ( Persada Agro Sawita ) ke Dinas DLH ( dinas lingkungan hidup ) Pematang Reba Inhu , karena Pabrik PKS  yang berada di Desa Pematang Jaya, diduga buang Limbah  dari kolam limbah melalui parit desa yang menuju sungai Kuantan.


Rohman Hidayat Pemerintahan Desa Sialang jaya ketika dikompirmasi awak media mengatakan “ laporan kami dari desa secara tertulis melalui kantor dan Kop surat desa,Soalnya Pt. Pas sudah ber ulang ulang buang limbah ke desa kami, perusahaan juga tidak perduli dengan kehidupan masyarakat Desa  Sialang Jaya "kata rohman.

Baru hari ini laporan secara tertulis  desa melaporkan PT. Pas, karena pada tanggal 3/7/ 2019 masyarakat melihat sendiri banyak ikan mati di anak sungai menuju sungai Indragiri ke arah Desa sialang jaya diakibatkan Pabrik Perusahaan buang limbah.

Bukan itu saja, selama ini tanaman palawija  juga tanaman sawit yang masih kecil pada mati. Banyak juga masyarakat pencari ikan sebagai mata pencaharian sehari hari badannya gatal.  Kami masyarakat tidak bisa membiarkan hal ini berlarut larut, bau tak sedap yang mengganggu pernapasan juga ada apalagi musim hujan ujarnya. 

Joni Maryanto Kabid DLH Inhu mengatakan ke awak media “ begitu ada laporan dari masyarakat Desa sialang jaya ke kantor dan melalui berita dari media onlen, kami tim bersama Erika kasi  pengaduan,  eriston Sinulingga staf dengan saya bertiga langsung tinjau ke lokasi kejadian.  Dilokasi juga kami minta didampingi oleh pihak PT. PAS  untuk menunjukkan mana areal anak sungai pembuangan limbah", kata Joni.

Sampel sudah kita ambil oleh Tim, sampel ini akan kita bawa kelabor di Pekan baru, bilamana nanti terbukti sampel mengandung kimia dan berdampak bagi masyarakat, maka kita akan tegur keras pihak Perusahaan PT. Pas.  Bukan itu saja Ispo dan izin yang sudah dikantongi perusahaan akan dicabut sesuai undang undang. Untuk mengetahui  hasil labor nantinya, paling cepat 1 ( satu ) bulan ujarnya.

Junito sebagai meneger PT. Pas ketika dihubungi melalui telpon selulernya, dan di SMS melalui  08137646xxxx terkait limbah PKS ( pabrik kelapa Sawit) ke kampung kelahiran Istri Bupati Inhu. 9/7/2019. Pinten Sitorus.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas