Headlines News :
Home » » Galian C PT SML Diduga Ilegal, Ini Kronologisnya

Galian C PT SML Diduga Ilegal, Ini Kronologisnya

Written By HARIANBERANTAS on Friday, July 26, 2019 | 10:00:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU- Aktivitas pengerukan tanah/bebatuan atau yang lazim disebut galian C yang dilakukan oleh Management PT Sumatera Makmur Lestari (PT. SML) yang berlokasi di dalam kebun kelapa sawit milik PT. SML diduga kuat belum mengontongi izin alias ilegal.
Alat berat Excavator Milik PT. SML saat beraktivitas 

Diketahui, PT. SML bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) berkantor di Desa Pejangki Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Menanggapi hal itu, Kades Pejangki Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau, Atan Puji mengatakan bahwa aktivitas pengerukan tanah/bebatuan yang dilakukan oleh PT. SML sudah lama berlangsung. Ya, sekitar lebih kurang 1(satu) tahun.

Kalau lokasinya berada di Desa Pejangki. Waktu itu saya pernah tanya sama humas PT. SML, Robet, dia bilangnya untuk pakai sendiri. Lagi pula berada dalam kebun sawit kami juga, "sebut Atan menyampaikan jawaban humas PT. SML tersebut.

Atan mengatakan, Pemerintahan Desa Pejangki tidak pernah memberikan rekomendasi terhadap aktivitas pengerukan tanah/bebatuan yang dilakukan PT. SML. Kalau PT. SML mau melakukan kegiatan seperti itu, seharusnya terlebih dahulu mengurus izin. Yang pasti, saya tidak ada memberikan surat rekomendasi, "tegasnya.

Tanggapan yang sama juga disampaikan Camat Batang Cenaku, Sarman Caslos, S.Hut, M.Si, bahwa dirinya tidak pernah memberikan surat rekomendasi kepada PT. SML untuk melakukan pengerukan tanah/bebatuan tersebut. Bahkan Sarman tidak pernah mengetahui bahwa ada kegiatan itu.

Baru ini saya dengar. Lagi pula pak Bupati sudah melarang semua Camat tidak boleh lagi membuat surat rekomendasi terhadap kegiatan seperti itu. Meskipun kegiatan tersebut berada dalam izin konsesi PT. SML, harusnya PT. SML mengurus izin galian C ke dinas terkait, "jelasnya.

Kamis, 25/7/2019 sekira pukul 14.28 WIB, tim yang terdiri dari media Harianberantas dan media Bertuahpost didampingi oleh ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK) Batang Cenaku beserta LSM Topan RI Kab. Inhu menemukan (satu) unit alat berat Excavator PC 100 merk Hitachi warna kuning sedang melakukan pengerukan tanah/bebatuan dalam areal kebun sawit PT. SML.

Tanah/bebatuan yang dikeruk tersebut diangkut ke mobil Cold Diesel jenis dump truk warna hijau dengan Nomor Polisi (Nopol) BA 9245 BB.

Adri selaku operator alat berat membenarkan bahwa alat berat yang sedang mengeruk tanah/bebatuan itu adalah milik PT. SML. "Ya pak, alat berat yang saya bawa ini adalah milik PT. SML,"ucapnya menjawab awak media.

Adri yang juga karyawan PT. SML itu mengatakan bahwa kegiatan pengerukan tanah/bebatuan tersebut sudah lama berlangsung. Kalau gak salah pak, sudah ada lebih kurang 1(satu) tahun. Tadi pagi mulai kerja jam 08 WIB, selesai jam 17.00 WIB.

Tanah/bebatuan itu dibawa dan digunakan untuk menimbun jalan di dalam areal kebun sawit PT. SML. Pernah juga, tapi agak jarang. Kalau PT. Arvena Sepakat dari sini juga ambilnya pakai mobil sendiri.

Ada kode tulisan di bak mobil, PT. SML dan PT. AS, "paparnya. Kalau mobil Cold Diesel itu, "katanya lagi sambil menunjuk ke arah mobil Nopol BA 9245 BB adalah milik PT. SML.

Sekira pukul 15.40 WIB, tim menyambangi kantor PT. SML dengan maksud meminta klarifikasi terhadap aktivitas tersebut. Sayangnya, Manager PT. SML Rizaldi Sitepu tidak bersedia memberikan penjelasan. Justru, dirinya meminta kepada tim agar masalah itu dipertanyakan kepada humas.

Maaf pak. Saya baru 1(satu) bulan jadi Manager di PT. SML. saya tidak tahu terkait adanya kegiatan seperti itu. Sebaiknya bapak-bapak wartawan bertanya langsung kepada yang berkompeten, "sebutnya.

Humas PT. SML, Robet belum berhasil dimintai klarifikasinya hingga berita ini diturunkan. (Lamhot Manurung).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas