Headlines News :
Home » » Diskominfo Provinsi Sumsel dan kota lubuklinggau Menggelar Sosialisasi

Diskominfo Provinsi Sumsel dan kota lubuklinggau Menggelar Sosialisasi

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, July 17, 2019 | 6:05:00 AM

HARIANBERANTAS,LUBUKLINGGAU - Dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) Provinsi Sumsel dan kota lubuklinggau menggelar sosialisasi statistika sektoral di OP room dayang torek, selasa (16/07/2019). Sosialisasi ini diikuti 50 peserta dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dikota lubuklinggau.

Hadir sebagai narasumber dari Ditjen bina pembagunan daerah kamendagri Benjamin Sibarani dan kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsi. Acara dibuka oleh Sekertaris Daerah (SEKDA) Kota lubuklinggau, H A Rahman Sani yang meminta seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti semua rangkaian acara dengan sebaik-baiknya. Kegiatan serupa dinilainya sangat jarang digelar, terlebih menghadirkan narasumber khusus dari pusat dan provinsi.

"Dengan kegiatan ini kita berharap tidak akan lagi sulit atau ada kesalahan yang berkaitan dengan data dikota lubuklinggau. Selama ini kita agak kesulitan mengikuti bimtek seperti ini," ucapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun koordinasi antar OPD penyedia data dengan kominfo sebagai wali data. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas data yang dihasilkan OPD penyelenggara statistik dalam hal penyajian data yang aktual. Diharapkan pula data yang terkumpul tersebut akan mempermudahkan pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi menyusun perencanaan pembangunan.

Kepala Sie Wilayah II Ditjen Bina pembagunan Daerah Kamendagri, Benjamin Sibarani menjelaskan, statistik sektoral merupakan penyelenggaraan kegiatan statistik dilingkup daerah kabupaten dan kota. Ia menjelaskan, terkait peyelenggaraan urusan pemerintah daerah dibidang statistik sudah diatur melalui surat Mandegri pada tanggal 7 januari 2019 lalu yang ditunjukan kepada Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Wali kota diminta untuk memberdayakan dan memampukan dinas dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang statistik sektoral. Selanjutnya, wali kota juga harus menjadikan dinas sebagai satu-satunya sumber data dan informasi statistik sektoral bagi kebutuhan perencanaan, peleksanaan dan pengadilan pembangunan daerah. "Selain itu, wali kota melakukan peningkatan kemampuan aparat SDM melalui bimtek, studi banding dan sosialisasi tentang pemanfaatan statistik sektoral," ungkapnya.

Sementara itu, kepala BPS Sumsel Endang tri wahyuningsih menjelaskan mengenai peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 mengenai satu data indonesia. Dengan adanya satu data ini, akan menjadi pusat pungumpulan data yang dipercaya. "karena selama ini, data antar instansi bisa saja berbeda. Dengan satu data ini meminimalisir kemungkinan perbedaan data tersebut, sehingga lebih vailid dan terpercaya," jelasnya.

Kepala dinas kominfo lubuklinggau, Erwin Armeidi memang mengakui terjadi kekurangan SDM khususnya dibidang statistik. Meski begitu, dinas kominfo kota lubuklinggau selalu berusaha untuk mencari staf yang berlatar belakan pedidikan serjana statistika. "Karena memang yang sesuai dengan bidang ini, masih jarang di daerah. Jika memang nanti ada penyebaran SDM bidang ini, mohon dipertimbangkan dan dipertimbangkan juga untuk di lubuklinggau," ucapnya.(Adv / Hendri)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas