Headlines News :
Home » » Dinas Pertanian dan Perikanan Peduli Kelompok Ibadah Rantau Bakung

Dinas Pertanian dan Perikanan Peduli Kelompok Ibadah Rantau Bakung

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, July 11, 2019 | 7:07:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU - Dinas Pertanian Dan Perikanan Inhu melalui Nur Aini Ketua Tim PPL ( petugas Penyuluh Lapangan )  meninjau Kelompok Ibadah Desa Rantau Bakung Kecamatan Rengat Barat Inhu  10/7/2019 ke lokasi Kolam ikan yang dibuat oleh Kelompok Ibadah pada panen perdana ikan paten hasil kolam dengan swadaya di rt 9 rw 3 dusun durian danau.

Bayu Dibrata Ketua Kelompok Ibadah ketika dikomfirmasi awak media mengatakan "kolam yang ada sekitar 4 kolam kesepakatan kelompok membuat dengan menyewa exavator, semuanya sudah diisi ikan, 3 kolam dengan ukuran 14 x 30 x 2 meter dalamya berisi ikan nila,kalau 1 kolam ukuran 8 x 30 diisi ikan patin dan inilah yang akan dipanen sekarang. Dulu 8 ( delapan ) bulan lalu bibit  ikan patin  dimasukkan sekitar 6.000 ekor, dan saat ini paling yang tinggal sekitar 4.000 ekor lebih. Kalau soal besar ikan kira kira 3 atau 4 ekor 1 kg atau sekitar 1 ton lebih, Pembelinya sudah dihubungi dan sebentar lagi datang", kata bayu.

Kelompok juga semuanya berjumlah 40 kk,  untuk  kelompok sebanyak itu  tentu kolamnya masih kurang sekitar 4 kolam lagi.  Harapan kelompok, dengan datangnya  tim PPL dari dinas perikanan mau membantu membuatkan tambahan kolam serta bibit. Masalahnya Kelompok Ibadah sudah kami lapor ke pemerintah melalui dinas perikanan. Bukan itu saja data base di dinas pertanian atas nama kelompok sudah ada.

Jika sudah pemerintah Inhu memperhatikan kami, banyak juga bantuan yang akan kami ajukan, seperti pakan dan penyuluhan cara membuat bibit ikan juga pembuatan pakan. Sehingga pendapatan kelompok bisa memuaskan serta bisa bersaing di pasar dari hasil kolam yang kami bentuk dengan susah payah ujarnya.

Nur Aini PPL juga ketua tim dari dinas pertanian dan perikanan mengatakan ke awak media “ kedatangan tim ppl dari dinas, sesuai laporan kelompok ke dinas pertanian bahwa hari ini panen. Sehingga kita ingin mengetahui seberapa banyak hasil panen mereka dan seberapa seriusnya kelompok ini dalam mengelola kolam ikan. Inilah yang akan kami laporkan nantinya ke kadis pertanian dan perikanan,soalnya kelompok Ibadah suda terdaftar di dinas perikanan dan ada data basenya. Kalau ciri ciri yang mempunyai data base ada 3 syarat yaitu : ada kelompok data base, ada data pembelanjaran dan ada produksi. Jika 3 syarat ini sudah ada ,maka pemerintah akan menyentuh kelompok. Bukan itu saja, kondisi lapangan  juga kami sangat perlu untuk menjembatani ke pemerintah Inhu melalui dinas perikanan  ," kata Nur.

Pada 9 april 2019 Pak Sidli Kasi Produksi Pertanian dan perikanan sudah pernah turun ke kolam kelompok ini. beliau mengatakan , bahwa mereka sudah layak menerima bantuan dari pemerintah ujarnya dengan tegas. (Pinten Sitorus).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas