Headlines News :
Home » » Diduga Oknum Kades Dan Kaur Desa Kuok Pungut Biaya Pengurusan Sertifikat Tanah "Prona"

Diduga Oknum Kades Dan Kaur Desa Kuok Pungut Biaya Pengurusan Sertifikat Tanah "Prona"

Written By HARIANBERANTAS on Friday, July 5, 2019 | 8:00:00 PM

HARIANBERANTAS, KAMPAR-Pungutan Liar (Pungli) sudah merabah kesendi-sendi vital masyarakat. Pungli ini tak kenal usia, profesi dan tingkat status sosial lainnya. Seperti yang di alami masyarakat desa kuok, Kecamatan kuok, kabupaten Kampar-Riau saat mengurus sertifikat surat tanah miliknya melalui program nasional (Prona) tidak semulus yang dipikirkan.

Menurut informasi, masyarakat yang mengurus sertifikat tanah program nasional (Prona) wajib menyerahkan sejumlah uang kepada oknum kepala desa sebesar Rp.1.2 juta. Bila tidak menyetor uang kepengurusan itu kepada oknum kepala desa dan kaur pertanahan/pemerintah, maka tidak mendapat di ikut sertakan dalam Prona tersebut.

"itu peraturan yang berlaku di desa kuok ini, kata Kades dan kaur desa kuok" masyarakat menirukan pernyataan oknum Kades dan Kaurnya.

Dari hasil wawancara keterangan masyarakat tersebut menjelaskan, "oknum Kades berinisial KHS alias andis, meninta biaya pengurusan srat tanah Sebesar Rp.1, 2 juta,200"ucap sumber.

Akibat pungutan yang dilakukan oknum tersebut, membuat masyarakat mengeluhkan dan merasa kecewa.


Masyarakat sangat keberatan dan kecewa terhadap kepemimpinan Kades KHS alias andis, setelah mengetahui bila pengurusan sertifikat tanah melalui Prona "gratis". Selama ini masyarakat dimanfaatkan oleh oknum desa kuok dan kroni-kroninya.

Sementara kades kuok KHS, ketika dikonfirmasi awak media melalui seluler pribadinya, Kamis (04/07/2019), menjelaskan, pihaknya tidak pernah melakukan pumungutan atau meminta biaya pengurusan sertifikat tanah / Prona kepada masyarakat.

"Tidak pernah kita minta biaya dalam pengurusan prona selama ini. Terkait biaya pembuatan surat tanah itu, saya tidak tahu" Katanya mengelak

Masyarakat Desa Kuok berharap, terkait dan pemerintah pusat khususnya pihak penegak hukum, segera memproses kades kuok, KHS dan kroni kroninya. Harap masyarakat. Tim(S/Y/S/K)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas