Headlines News :
Home » » PWI Riau Terima Calon Anggota Baru, 10 Lulusan Terbaik Dapat Reward Gratis UKW

PWI Riau Terima Calon Anggota Baru, 10 Lulusan Terbaik Dapat Reward Gratis UKW

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, June 26, 2019 | 2:38:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Pada penerimaan anggota baru kali ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan memberikan reward bagi 10 lulusan terbaik. Reward tersebut berupa pembebasan biaya untuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Sesuai arahan  Ketua PWI Riau, pada  penerimaan anggota baru tahun ini, PWI Riau akan memberikan reward atau penghargaan kepada 10 orang lulusan terbaik. Penghargaan atau bisa juga dikatakan hadiah  itu berupa menggratiskan biaya untuk ikut ujian UKW," jelas Ketua Panitia Penerimaan Anggota PWI Riau, H Novrizon Burman.

Kemudian, Novrizon juga menekankan bagi wartawan daerah yang ingin ikut tes agar berkordinasi dengan PWI kabupaten dan kota setempat.

"Ini sangat penting agar pendataan anggota per kabupaten/kota lebih tertib. Intinya bagi mereka yang ingin ikut tes penerimaan anggota baru harus mendapat rekomendasi dari PWI di daerahnya," kata Novrizon.

Selain itu, Novrizon juga mengingatkan bagi  yang sudah terdaftar di organisasi wartawan lain agar membuat surat pernyataan telah mengundurkan diri dari organisasi bersangkutan. Kalau di kemudian hari ketahuan masih tercatat sebagai anggota organisasi wartawan lain, maka keanggotaan nya akan dicabut oleh PWI.

Seperti diketahui, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dalam waktu dekat akan mengadakan ujian penerimaan calon anggota baru PWI, pada Juli 2019. Sebelum ujian, akan digelar Orientasi Wartawan bagi calon anggota PWI Riau, Sabtu (20/7/2019). Besoknya, Ahad (21/7/2019), baru dilaksanakan testing penerimaan anggota baru.

Untuk orientasi dan ujian masuk anggota baru PWI Riau, harus memenuhi syarat-syarat sesuai Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT). Adapun syarat yang harus dilampirkan untuk mendaftar calon anggota PWI Riau, sebagai berikut:
1. Bekerja di media berbadan hukum pers (PT), dibuktikan dengan fotokopi Company Profile Perusahaan (Akte Notaris, SK Menkum HAM, SITU/HO, SIUP, dan TDP);
2. Mengisi formulir (bisa diminta di Sekretariat PWI Riau);
3.  Foto copy ijazah terakhir minimal berpendidikan SLTA;
4. Surat Pernyataan Pemohon di atas materai;
5. Surat Keterangan Pemimpin Redaksi/Stempel Redaksi tempat bekerja di atas materai;
6. Membawa bukti karya jurnalistik (minimal 3 tulisan dalam tiga bulan terakhir);
7. Foto Copy Kartu Pers dari Media dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
8. Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 cm (4 lembar);
9. Membayar biaya Orientasi dan Ujian sebesar Rp350.000 (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah);
10. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian (kalau sudah lulus);
11. Seluruh persyaratan harus sudah diserahkan ke PWI Riau paling lambat Jumat, 12 Juli 2019.

Selama mengikuti Orientasi Wartawan, para peserta akan mendapatkan materi pelatihan yakni PD/PRT PWI, Kode Etik Jurnalistik (KEJ), UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), Pedoman Pemberitaan Media Siber, dan UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan P3SPS, UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,  serta Penulisan Berita. ‘’Materi Orientasi Wartawan inilah yang akan diuji kepada para calon anggota PWI Riau nanti,’’ tutur Novrizon Burman.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Sekretariat PWI Riau, saudari Dona di nomor 085265904870. ***(Mon)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas