Headlines News :
Home » » DPRD Jabar Menyambut Baik Rencana SPP Gratis Di Tingkat SMA/SMK Negeri

DPRD Jabar Menyambut Baik Rencana SPP Gratis Di Tingkat SMA/SMK Negeri

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, June 19, 2019 | 10:28:00 AM

foto Humas DPRD JABAR
Bandung , Harian Berantas - DPRD Provinsi Jawa Barat menilai rencana Pemprov Jawa Barat yang akan menggratiskan biaya sumbangan pembinaan dan pendidikan ( SPP) untuk sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK sangat realistis.
"Kami menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang kembali merencanakan penggratisan SPP gratis di tingkat SMA dan SMK negeri di Jawa Barat. Itu sangat realistis," kata Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya, di Bandung, belum lama ini.
Menurutnya , di era Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yakni pada tahun 2014-2015 Pemprov Jawa Barat telah menggratiskan SPP SMA dan SMK, sebelum pengelolaan SMA dan SMK diambil alih pemerintah provinsi.
Sehingga dengan dasar pengalaman tersebut, dirinya menilai rencana Gubernur Jabar Ridwan Kamil program SPP gratis untuk tingkat SMA dan SMK di Jabar pun dinilai masuk akal dan bisa dilakukan kembali.
"Jadi secara teknis, karena sudah pernah dilakukan, rencana itu realistis banget. Waktu itu dibantu dana BOS dari pusat, BPMU atau Bantuan Pendidikan Menengah Universal dari provinsi, kemudian dibantu juga oleh dana dari kabupaten dan kota setempat," kata Abdul Hadi.
Dia menuturkan setelah Pemprov Jabar mengambil alih pengelolaan SMA dan SMK maka bantuan dari pemerintah kabupaten dan kota setempat dicabut.
"Sehingga pada akhirnya, siswa harus membayar kembali ratusan ribu rupiah untuk SPP," kata dia.
selain itu Dia perpendapat , apabila Pemprov Jawa Barat bisa menganggarkan dana lebih untuk menggratiskan SMA dan SMK, katanya, hal tersebut mungkin terjadi, tergantung political will gubernurnya. (rp)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas