Headlines News :
Home » » DPRD Apresiasi Tiga Raperda Ajuan Pemprov Jabar.

DPRD Apresiasi Tiga Raperda Ajuan Pemprov Jabar.

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, June 19, 2019 | 9:39:00 AM

Bandung , Harian Berantas - Pemerintah memlki niat mempasilitasi pendanaan pendanaan penyelenggaraan pendidikan keagamaan melalui Perda (Peraturan Daerah) pendidikan keagamaa. Hal itu dimaksud untuk memperkuat aspek kelembagaan pendidikan keagamaan , maka Pemprov Jawa Barat  berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus kualitas peserta didik di lembaga-lembaga pendidikan keagamaan
Terkait niat dari pemrov jabar itu , DPRD Provinsi Jawa Barat pun memberikan apresiasi melalui penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Provinsi Jawa Barat terhadap tiga rancangan peraturan daerah ( raperda) Jabar 2019 yang dibacakan oleh Kusnadi anggota DPRD Jabar dari Fraksi Golkar Amanah. Pandangan fraksi ini merupakan respons atas nota pengantar Gubernur Jabar Ridwan Kamil tentang tiga raperda tersebut pada 23 Mei 2019.
Sebelum dibacakan oleh Kusnadi, DPRD menyampaikan padangannya tersebut disaat rapat fraksi-fraksi terhadap tiga rancangan peraturan daerah ( raperda) Jabar 2019 dalam sidang paripurna di Kantor DPRD Jabar, Selasa (18/6/2019).
Tiga raperda yang tengah dibahas meliputi Raperda tentang Pendidikan Keagamaan, Raperda tentang Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) tahun 2019-2039, dan Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan.
"Tiga raperda ini memiliki jangkauan yang luas terhadap layanan publik. Fraksi-fraksi mengapresiasi apa yang dilakukan Pemprov Jabar. Penyampaian pandangan terhadap tiga raperda ini selanjutnya untuk kita bahas bersama," kata Kusnadi.
Kusnadi mengatakan pihaknya mendukung Raperda tentang Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) tahun 2019-2039. Asalkan, katanya, tidak bersinggungan dengan peraturan serupa dari pemerintah pusat, dan diselaraskan dengan peraturan yang telah dimiliki pemerintah kabupaten dan kota.
"Secara positif fraksi-fraksi menganggapinya. Sebagai bahan referensi, dalam penyusunannya, akan ditemukan berbagai kendala. Kami meminta penjelasan tentang masalah urbanisasi dan industrialisasi," katanya.
Kusnadi mengatakan pihaknya menyambut baik juga Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan yang akan merevisi perda sebelumnya pada 2010. Pihaknya pun memohon penjelasan mengenai distribusi tenaga dokter dan spesialis di Jabar, belum adanya pengadaan dan distribusi alat-alat medis di pelosok, dan penanggulangan kemampuan berobat masyarakat dan penggunaan alat medis inovatif yang masih rendah.
Mengenai Raperda tentang Pendidikan Keagamaan, pihaknya pun memberikan apresiasi. Kusnadi mengatakan selayaknya peraturan ini dilaksanakan selaras dnegan program Kementerian Agama.(rp)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas