Headlines News :
Home » » BPKP Riau Sidak Desa Rantau Bakung, Komarzaman : Itu Merupakan Hal Biasa

BPKP Riau Sidak Desa Rantau Bakung, Komarzaman : Itu Merupakan Hal Biasa

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, June 4, 2019 | 7:11:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU- Pemerintahan Desa Rantau Bakung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu menjalankan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) serta APBDes ditetapkan setelah melalui musyawarah bersama masyarakat, bukan keputusan sepihak.
Kades Rantau Bakung, Komarzaman Di Dampingi Ketua Bumdes, Asmuri

Demikian hal ini disampaikan Kades Rantau Bakung, Komarzaman didampingi Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rantau Bakung, Asmuri kepada HARIANBERANTAS.COM, melalui telepon selulernya, Sabtu (1/6).

Komarzaman mengatakan, meskipun ada pemeriksaan pekerjaan pisik dan yang lainnya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Inhu, Inspektorat Inhu dan BPKP Provinsi Riau pekan lalu, itu merupakan hal biasa.

Pemeriksaan itu perlu, agar kami sebagai penyelenggara sekaligus pengguna anggaran lebih berhati hati dalam menggunakan Dana Desa (DD) APBN maupun ADD Kabupaten. "Bila perlu setiap 6 bulan sekali diperiksa agar penggunaan anggaran dan administrasi bisa lebih baik, "sebutnya. 

Ditanya soal pembentukan Bumdes, Komarzaman menjelaskan, bahwa pembentukan Bumdes di Desa Rantau Bakung tidak dilakukan sepihak. Tapi melalui musyawarah desa dan dihadiri Pemerintah Kecamatan, bahkan Pemkab Inhu.

Pendirian Bumdes tahun 2018 untuk masyarakat Desa Rantau Bakung sudah diawali sejak 2014 lalu, berupa pengajuan lahan ke Dinas Kehutanan Provinsi Riau melalui UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Indragiri seluas 250 hektare.

"Namun yang dikeluarkan sekitar 71,54 hektare untuk dikelola BUMDesa. Kami tetap berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Riau untuk legalitas lahan," tukasnya.

Dikatakan, artinya pembentukan BUMDes bukan kepentingan pribadi atau golongan, tetapi untuk kepentingan masyarakat Desa Rantau Bakung.

Ketua BUMDes Rantau Bakung, Asmuri mengatakan, lahan 10 hektare yang digunakan BUMDes masih dalam proses pengukuran dan pengusulan alat berat dari PT. Tesso Indah untuk membangun tanaman masyarakat. (Lamhot Manurung).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas