Headlines News :
Home » » Alasan Sakit, TSK Tipikor BPMDes Inhu Jadi Tahanan Kota

Alasan Sakit, TSK Tipikor BPMDes Inhu Jadi Tahanan Kota

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, June 26, 2019 | 12:14:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU - Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu telah menerima 3 orang Tersangka (TSK) serta Barang Bukti (BB) kasus Tindak Pidana Korupsi (TPK) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hulu dari penyidik Polres Inhu serta sudah melakukan penahanan, Selasa (25/6) siang di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat.

Kasus TPK tersebut terkait tidak dibayarkannya honor tenaga Pendamping Desa dan Dana Transportasi Pendamping Desa pada kegiatan Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) sebesar Rp.1.939.950.000.

Ketiga tersangka yang ditahan oleh Penyidik Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu adalah Suratman yang kala itu menjabat sebagai Kepala BPMDes Inhu. Dan saat ini Suratman menjabat sebagai Asisten II Pemkab Inhu, Safri Beny, mantan Sekretaris BPMDes Inhu dan Bariono, selaku mantan Pejabat Pelaksanaan Teknis Kegiatan (PPTK) kegiatan UED-SP Tahun Anggaran (TA) 2012, 2013 dan 2014 lalu.

Sayangnya, TSK Suratman tidak dilakukan penahanan karena yang bersangkutan dalam kondisi sakit. Sementara dua TSK lainnya sudah dilakukan penahanan di Rutan Kelas II B Rengat sejak penyidik Polres Inhu menyerahkan ke penyidik Kejaksaan Inhu. "Penahanan mulai hari ini dan 20 hari kedepan, "kata Kajari Inhu, Hayin Suhikto yang didampingi Kasi Pidsus, Ostar Al Pansri dan Kasi Intel, Bambang Saputra serta Dr Reza di ruang kerjanya.

Dokter Reza menjelaskan setelah dilakukan pemeriksaan medis terhadap TSK Suratman, ternyata dia banyak menderita penyakit antara lain : gagal ginjal, diabetes, hipertensi, anemia serta kurang darah yang mengakibatkan fungsi motorik tidak berfungsi dengan baik,"sebutnya.

Terhadap TSK Suratman, kata Reza, saya anjurkan agar yang bersangkutan dilakukan perawatan secara instensif dan rutin.

Dengan pertimbangan kesehatan TSK Suratman tidak memungkinkan dilakukan penahanan di Rutan Kelas II B Rengat. Melainkan kita lakukan sebagai status tahanan kota terhadap TSK Suratman. "Status tahanan kota TSK Suratman sebagai penjaminnya adalah keluarga yang bersangkutan, "ungkap Kajari. (Lamhot Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas