Headlines News :
Home » , » Kerusuhan Kelompok Anarko Pada Peringatan May Day 2019 Di Bandung.

Kerusuhan Kelompok Anarko Pada Peringatan May Day 2019 Di Bandung.

Written By HARIANBERANTAS on Sunday, May 5, 2019 | 9:29:00 AM

Bandung Harian Berantas - Kelompok gerombolan Anarko, membuat kerusuhan saat peringatan Hari Buruh atau May Day di Bandung, pada hari Rabu (1/5/2019). Pengakuan para anggota kelompok ini mengaku mendapat informasi dari media sosial agar datang ke Bandung untuk demo. Namun setibanya di Bandung kelompok ini  justru diarahkan berbuat kerusuhan.  Polisi akhirnya mengungkap identitas kelompok itu adalah Anarko. Pada hari yang sama, kelompok serupa juga melakukan aksi anarkis di dua kota lainnya, yaitu Makassar dan Malang.

Diperkirakan Sekitar 619 peserta aksi hari buruh di Bandung ditangkap oleh kepolisian. Mereka dimasukkan ke dalam truk dengan memisahkan antara laki-laki dan perempuan. Para laki-laki mereka diminta melepas bajunya dan digunduli secara bergantian. Sejumlah peserta aksi itu dianggap bukan bagian dari peserta aksi buruh. Mereka juga ditangkap karena kedapatan mencoret kendaraan yang ada di jalan yang mereka lalui.


Kapolresta Bandung, Kombes Pol Irman Sugema, Rabu (1/5/2019) lalu kepada awak media mengatakan , mereka diamankan agar tidak terjadi keributan yang lebih luas terutama dari rekan-rekan buruh, mengingat ada kendaraan dari kendaraan yang dicoret.

“Dalam perjalanannya, mereka melakukan perusakan. Oleh karena itu kami melakukan langkah-langkah supaya mereka diamankan agar tidak terjadi keributan yang lebih luas,"  tandas  Kapolresta Bandung, Kombes Pol Irman Sugema.


Berdasarkan pantauan harian berantas dilapangan pada saat melakukan peliputan Hari Buruh 1 Mei lalu telah terjadi perusakan sebuah Coffee Toffee yang dilakukan sekelompok orang yang diduga adalah anarcho-syndicalism  di Jl. Surapati No.37, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu Kepolisian Republik Indonesia atau Polri menyatakan kebanyakan anggota Anarko Sindikalisme terdari  orang dewasa dan anak-anak. Itu diketahui saat penangkapan Anarko Sindikalisme di Bandung, Jawa Barat.
Dari hasil dari identifkasi , Polda Jabar berhasil mengidentifikasi sebanyak 619 orang yang terdiri dari 605 pria dan 14 wanita terkait kelompok anarko sindikalisme pada May Day di Bandung.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Dari jumlah ratusan orang tersebut diketahui terdiri dari 326 orang dewasa dan 293 anak-anak.  Dedi berujar, jumlah tersebut merupakan yang paling terbanyak dibanding wilayah lain yang sedang dilakukan identifikasi.


"Bandung yang paling dominan sekarang yang berhasil kita identifikasi Bandung, Jawa Barat yang paling banyak. Jakarta kemudian Semarang, Jogja, Surabaya, kemudian di Sulawesi Selatan," kata Dedi Prasetyo.(rp)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas