Headlines News :
Home » » Kepolisian Resort Karimun Mengelar Apel Pasukan Operasi Ketupat

Kepolisian Resort Karimun Mengelar Apel Pasukan Operasi Ketupat

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, May 29, 2019 | 7:07:00 AM

HARIANBERANTAS, KARIMUN - Kepolisian Resor (Polres) Karimun jajaran Polda Kepri menggelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2019, Guna meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat di perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah Tahun 2019 Maseh. Selasa (28/5/2019) di Halaman Mapolres Karimun. 

Apel Pasukan itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K. disejalankan dengan pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika jenis Sabu-sabu dari hasil penindakan seberat 251,40 Gram.

Apel Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2019 dan pemusnahan itu, dihadiri Bupati Karimun yang diwakilkan oleh Asisten I Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Karimun, M Tang, FKPD dan sejumlah OPD  Pemdakab Karimun, PJU, para Kasat, Kapolsek dan perwira jajaran Polres Karimun, Pelajar dan Organisasi Kepemudaan serta pimpinan instansi Vertikal dan terkait lainya itu,

Dalam apel Kapolres Karimun membacakan amanat Kapolri, Jendral Prof H  M Tito Karnavian Ph.D, menyampaikan, bahwa Operasi Ketupat Seligi Tahun 2019 itu, akan dilaksanakan selama 13 hari. Dimulai dari  tanggal 29 Mei-10 Juni 2019 mendatang. Operasi tahun ini, memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Operasi Ketupat Tahun 2019 ini akan dilaksanakan bersama dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019. Hal tersebut, membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan operasi semakin kompleks. Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personil dan markas Polri.

Selain itu, sambungnya, juga berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme. Aksi intoleransi dan kekerasan seperti aksi sweeping oleh Ormas dan gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut dan udara. Stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta bencana alam, tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat 2019.

Dikatakan, Apel Gelar Pasukan itu, digelar secara serentak mulai dari tingkar Markas Besar hingga ke Polres jajaran. Adapun tujuan pelaksanaan Apel tersebut, guna untuk mengecek kesiapan personil, peralatan dan seluruh aspek operasi. Termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Kemudian guna untuk menumjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik. 

Sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Dalam amanatnya, Kapolri juga menyampaikan 4 penekanan pedoman dalam menjalankan tugas. Pertama, persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi. Hal tersebut bertujuan agar operasi dapat terselenggara dengan sukses, aman dan lancar.

Kedua, terus pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personil dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi. Ketiga, terus jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi. Hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksanaan tugas.

"Keempat, laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan dan tanggung jawab demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Teriring doa, semoga perjuangan dan pengabdian saudara wujudkan dalam pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H/2019 M, menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa," jelas Kapolri mengakhiri amanatnya.

Dikesempatan apel itu, Kapolres Karimun juga mengingatkan kepada seluruh Kasatgas untuk mampu menekan angka kejahatan konfensional seperti curat, curanmor, copet, bius, hipnotis dan pencurian rumah kosong, untuk menjaga dan meningkatkan kamtibmas yang kondusif diseluruh wilayah hukum Mapolres Karimun.

Untuk itu, Kapolres menekankan kepada seluruh jajarannya agar terus meningkatkan kegiatan patroli dititik-titik rawan gangguan kamtibmas seperti Terminal, Oelabuhan, Bandara dan pemukiman maupun rumah-rumah masyarakat yang ditinggal oleh pemiliknya. Selain itu, peningkatan patroli juga difokuskan dititik-titik pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, Bank dan tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi saat perayaan Idul Fitri.

Diakhir sesi acara,  Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K didampingi Wakapolres Karimun Kompol Jhon Hery Rakutta Sitepu, S.I.K bersama unsur FKPD dan Muspida Karimun, melaksanakan barang bukti berupa narkotika jenis Sabu-sabu seberat 251,40 Gram yang sudah berkekuatan hukum dari hasil penindakan Polsek Tebing dan Satres Narkoba Polres Karimun. (Rini)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas