Headlines News :
Home » » Gubernur Riau Bagikan 2500 Sertifikat Tanah Koto Kampar Hulu

Gubernur Riau Bagikan 2500 Sertifikat Tanah Koto Kampar Hulu

Written By HARIANBERANTAS on Sunday, May 26, 2019 | 11:26:00 AM

HARIANBERANTAS, KAMPAR  - Sesuai dengan Program yang dibuat oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang pembuatan secara gratis Sertifikat Redistribusi Tanah Objek  Reforma Agraria (tora), maka  Gubernur Riau Drs Samsuar,M.Si menyerahkan sebanyak 2500 paket Sertifikat untuk Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Dimana penyerahan secara simbolis oleh Gubernur Tiau Sertifikat Redistribusi Tanah Objek  Reforma Agraria (tora) Provinsi Riau tahun 2019 tersebut dilaksanakan di Masjid Raya Baitul Huda Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, sabtu (25/5/19).

Sebelum penyerahan sertifikat, didampingi kepala Wilayah BPN Provinsi Riau Drs Lukman Hakim,SH serta Sekda Kampar Drs Yusri,M.Si, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto,SH terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiedn RI melalui Gubernur Riau yang telah memberikan program Tora untuk masyarakat Kabupaten Kampar khususnya Koto Kampar Hulu.

Kita patut bersyukur karena pemerintah telah membuat program ini secara gratis untuk seluruh amsyarakat tampa terkecuali. Kita bersyukur dan berharap semoga Bapak Presiden terus menerus melaksanakan agar masyarakat memiliki kepastian hukum atas hak kepemilikan tanah.

Selain itu, Catur Sugeng karena bertepatan pada bulan ramadhan memintah semua masyarakat hendaknya menjaga ketakwaan dengan memperbanyak amal ibadah dengan mempererat tali silaturahmi sesama kita. Jangan mudah terpecah belah apalagi efek dari pemilu serentak kemaren, karena nantinya itu semua akan membuat kita rugi.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Riau usai menyerahkan Sertifikat, bahwa tidak lain ucapkan terimakasih kita ucapkan kepada pemerintah Republik Indonesia yang telah membuat program gratis untuk rakyat ini.

Karena dengan adanya program ini masyarakat tidak lagi mengeluarkan uang banyak, kita sudah bisa memiliki sertifikat atau surat kepepemilikan kepastian hak tanah yang bisa dipergunakan dan dipertanggung jawabkan. Dimana sertifikat ini sekali lagi ditegaskan bahwa merupakan kepastian hak yang dimiliki masyarakat."terang Syamsuar".

Selanjutnya selain itu hal ini juga memiliki manfaat yang luar biasa, ini bisa menjadi anggunan natinya untuk meminjam uang di Bank, selain itu nantinya bisa digunakan untuk kegiatan Koperasi atau usaha lainnya yang membutuhkan modal dana.

Untuk itu Syamsuar berharap agar kedepan kita semua bisa menjaga tanah wilayat atau tanah sendiri. Kita ketahui bahwa wilayat ini banyak terdapat di Kabupaten Kampar Khususnya di Koto Kampar Hulu, untuk itu mari kita jaga bersama. Karena hutan kita di Riau khusus d Kampar sudah hampir habis diolah oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

Dengan demikian Pemerintah daerah akan terus berupaya untuk memberikan regulasi berkaitan hak tanah masyarakat ataupun hak tanah wilayat, sebagai contoh lahan seluar 2800 haektar tanah yag diperjualankan belikan ninik amak Sinama Nenek Tapung Hulu allhamdulilah yang dulu HGU perusahaan sekaran sudah diserahkan kembali kepada Masyarakat.

Sekali lagi mari kita mafaatkan sebaik mungkin baik tanah milik sendiri apalagi tanah wilayah, agar anak cucu kita kedepan bisa menikmatinya juga."terang Syamsuar".

Disis lain saat ini kita juga sedang membangun Tol Pekanbaru - Sumatra Barat nanti hendaknya dekat melewati objek-objek pariwiata yang dimiliki Kabupaten Kampar khsusunya Danau PLTA Koto Panjang maupun Candi Muara Takus. Makanya sekali diingatkan jangan cepat-cepat jual tanah yang terdapat di objek-objek yang dilewati Tol, karena mantinya kedepan akan memiliki nilai harga tanah yang akan sangat tinggi.

Sementara itu Kepala BPN Kabupaten Kampar Abdul Azis,SH.Ma meyampaikan bahwa sertifikat berjmlah 2500 tersebut merupakan hanya untuk tiga Desa yakni Desa Tanjung, Desa Tabung serta Desa Gunung Malelo.diman untuk gelombang pertama sertifijat diserahkan sebanyak 336 buah. (Diskom)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas