Headlines News :
Home » » Mantap..! Toto Purwanto Sandi : Jabar Kekurangan Benih Bermutu

Mantap..! Toto Purwanto Sandi : Jabar Kekurangan Benih Bermutu

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, April 11, 2019 | 10:57:00 AM

HARIANBERANTAS, JABAR- Kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat ke UPTD Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan.
(Foto: Humas DPRD Jabar)

Bandung , Harian Berantas - Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mendorong agar Jawa Barat menjadi provinsi yang kaya akan benih tanaman hutan bersertifikasi, agar dapat mencukupi kebutuhan benih bermutu dan meningkatan produktivitas hutan tanaman di Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Toto Purwanto Sandi saat melakukan kunjungan kerja ke UPTD Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan dalam rangka pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Gubernur Jawa Barat Tahun Anggaran 2018.

Toto menambahkan, masyarakat di Jawa Barat belum memahami manfaat ekologi dan ekonomi dari sumber benih, sehingga terjadi pengrusakan habitat karena banyak dieksploitasi dengan alasan kebutuhan ekonomi.

“Masyarakat petani penggarap hutan rakyat perlu diedukasi dan dibimbing bagaimana memaksimalkan lahan agar produktif dengan mempertahankan sumber benih,” ujar Toto.

Sementara itu, Kepala UPTD Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Agus Sumarna mengatakan, saat ini tidak ada sumber benih yang dikelola oleh pemerintah karena kewenangannya baru dilimpahkan ke provinsi.

“Hampir semua jenis benih tanaman kita kekurangan sehingga saat ini kita sedang mengembangkan benih Gmelina, Manglid, Suren, Jati dan lainnya, pokoknya Jawa Barat harus kaya akan benih,” terang Agus.

Agus menambahkan, saat ini pihaknya sedang merintis kerjasama untuk membangun sumber benih di enam lokasi di Jawa Barat dengan konsep masyarakat mendapatkan manfaat ekologi, ekonomi, sosial, edukasi dan rekreasi dengan sumber benih sebagai tanaman pokok.

“Kita akan mengembangkan sumber benih sebagai tanaman pokok, dan akan mendapatkan variabel pendapatan lainnya. Jadi masyarakat akan mendapatkan penghasilan dari sumber benih, dan pendapatan harian seperti dari paket wisata dan lainnya.” kata Agus. (rp/hs
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas