Headlines News :
Home » » DPD Lsm KPK Tipikor Dumai Layangkan Somasi Ke PT. Pertamina Dumai, Atas Dugaan Penebangan Kayu Bakau

DPD Lsm KPK Tipikor Dumai Layangkan Somasi Ke PT. Pertamina Dumai, Atas Dugaan Penebangan Kayu Bakau

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, April 30, 2019 | 6:56:00 PM

HARIANBERANTAS, DUMAI- Dewan Pimpinan Daerah Komisi Pengawas Korupsi Tindak Pidana Korupsi (DPD KPK Tipikor) Kota Dumai layangkan somasi kepada pimpinan PT. Pertamina Dumai, atas dugaan  penebangan hutan kayu Bakau secara liar di tepi pantai Dermaga kawasan PT. Pertamina Dumai, sebagaimana salinan surat somasi yang diterima redaksi media ini, Selasa (30/04/2019)

Pasalnya, isi surat somasi itu tertuang beberapa hal tuntutan lsm kpk Tipikor tersebut, diantaranya, hasil temuan terhadap peristiwa perambahan hutan pada bulan Nopember 2018 tahun lalu. Poin berikutnya, terkait bantahan dan keberatan atas tuduhan Managemen PT. Pertamina Dumai yang menuding pihak DPD LSM KPK Tipikor telah mengambil keuntungan atas temuan perambahan hujan kayu bakau yang diduga kuat pelakunya adalah oknum Managemen PT. Pertamina Dumai itu sendiri.

DPD lsm kpk Tipikor mengancam akan menempuh jalur hukum bila somasi mereka tidak ditanggapi oleh pihak Managemen PT. Pertamina Dumai, 

LSM KPK Tipikor Dumai mempertanyakan dan meminta klarifikasi kepada Managemen PT. Pertamina Dumai, namun hingga saat ini  pihak Pertamina belum ada memberi jawaban atas surat somasi tersebut. 

Jika pihak Pertamina Dumai tetap mengabaikannya maka tidak tertutup kemungkinan permasalahan ini akan ditindaklanjuti ke ranah hukum,tutur ketua DPD Dumai

Perlu diketahui bahwa hutan kayu BAKAU merupakan salah satu hutan yang dilindungi dan harus dilestarikan , sebagaimana disebutkan dalam dalam UU No 41 tahun 1999 tentang KEHUTANAN, dimana dalam pasal-pasal tersebut dilarang menebang kayu BAKAU.


Berdasarkan Pasal 50 Ayat (1), (2) dan Ayat (3), dengan sanksi PIDANA, dan berdassrkan pasal 78 Ayat (1) dan (2) dengan hukuman penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 5.000.000.000. 


KPK Tipikor Dumai juga akan melakukan tuntutan kepada pihak  Pertamina Dumai atas tuduhannya kepada personil/team KPK Tipikor yang telah melakukan pencemaran nama baik, berdasarkan KUHP Pasal 310 Ayat 1, dengan ancaman pidana penjara selama 9 bulan jika pihak PT.Pertamina tetap mengabaikannya. 

Kami secara tegas akan melakukan upaya hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia,Jelas ketua DPD kpk tipikor Dumai

Sementara, pihak PT. Pertamina Kota Dumai belum berhasil di konfirmasi. (Tim) 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas