Headlines News :
Home » » Diduga Rawan Penyimpangan, Anggaran Perawatan Berkala Mobnas dan Perlengkapan Rumdis Sekda Rohil Minta Diusut

Diduga Rawan Penyimpangan, Anggaran Perawatan Berkala Mobnas dan Perlengkapan Rumdis Sekda Rohil Minta Diusut

Written By HARIANBERANTAS on Saturday, April 6, 2019 | 9:23:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU-  Elemen anti korupsi dari Pemantau Kinerja Aparatur Negara Republik Indonesia atau LSM PENJARA-RI meminta SPJ anggaran perawatan berkala mobil dinas dan operasional sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun anggaran 2016-2017 minta diusut. Karena kuat dugaan penggunaan anggaran ratusan juta rupiah tersebut sarat penyimpangan.

Penggunaan anggaran perawatan berkala mobil dinas dan operasional itu diduga dilengkapi faktur (bukti) yang tidak sesuai dengan fakta alias rekayasa.

Demikian disampaikan LSM Penjara-RI, Daniel Gultom kepada Harian Berantas, Sabtu (06/04/2019) di Pekanbaru, yang prihatin dan heran atas ditemukannya berbagai bukti alokasi anggaran biaya perawatan berkala mobil dinas dan operasional Sekdakab Rohil, Surya Arfan, ra¬tusan juta rupiah yang diduga tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

“Dugaan penyimpangan luar biasa ini, harus segera dilaporkan, karena dalam penyerapan anggaran pemeliharaan mobil dinas itu terindikasi penyimpangan dan penyelewengan,” tegas Daniel.

Keterangan yang sama, juga disampaikan peneliti LSM Komunitas Pemberantas Korupsi, Marlon, SH, menyebutkan, pihaknya siap berkoalisi dengan rekan-rekan LSM Penjara Indonesia dan awak media mengungkap indikasi penyalahgunaan anggaran di Pemdakab Rohil-Riau tersebut.

“Bukan hanya pada SPJ penggunaan anggaran perawatan berkala mobil dinas dan operasional sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2016-2017 saja, tetapi juga anggaran terhadap pengadaan meubeler rumah dinas (Rumdis) dan anggaran pengadaan kendaraan dinas/operasional roda dua milik Sekda, termasuk besarnya biaya makan-minum pada Sekdakab Rohil yang diperkirakan bermuatan mark-up,” tandas Marlon SH.

Sekretaris Daerah, Rohil, Surya Arfan, ketika dihubungi pewarta melalui via handphon, Sabtu (06/04) sore tak diangkat. Dikonfirmasi melalui via WhatssApp, justru WhatssApp pribadi awak media ini diblokir (mantap). Bukan itu saja, bahan konfirmasi tertulis awak media pada 18 Maret 2019 lalu tak digubris. 

Namun demikian, bagaimana aparat hukum yang membidangi tindak pidana korupsi (Tipikor) menyikapi persoalan kasus hukum korupsi yang diduga terjadi pada pos Sekdakab Rohil pada mulai dari tahun anggaran 2016 hingga anggaran tahun 2018 lalu tersebut, ikuti sajian berita media ini pada edisi-edisi berikutnya. (Red/Mona)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas