Headlines News :
Home » » SP3 Polres Inhu Diduga "Cacat" Formil, Pemohon, Bonar Sitinjak : Ada Apa Semua Ini?

SP3 Polres Inhu Diduga "Cacat" Formil, Pemohon, Bonar Sitinjak : Ada Apa Semua Ini?

Written By HARIANBERANTAS on Friday, March 15, 2019 | 2:27:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Sidang ke 4 Praperadilan antara Bonar Sitinjak sebagai pemohon yang merupakan warga Pematang Reba dengan Kapolres Inhu cq Kasat Reskrim Inhu sebagai termohon kembali digelar Pengadilan Negeri (PN) Rengat, Kamis (14/3) siang di ruang sidang Cakra PN Rengat.

Agenda sidang praperadilan tersebut adalah untuk mendengar keterangan saksi-saksi serta bukti surat dari pemohon maupun bukti surat dari termohon.

Pemohon melalui Penasehat Hukum (PH) Dodi Fernando, SH.MH dan Han Aulia Nasution, SH.MHmenghadirkan 5 orang saksi dari warga Desa Talang Jerinjing serta 2 orang saksi ahli bidang hukum pidana dan ahli administrasi negara.

Sementara dari pihak termohon hanya dihadiri oleh Kepala Bagian Operasional (KBO) Polres Inhu, Iptu Loren Simajuntak serta Anggota penyidik Polres Inhu, Bona Simanungkalit didampingi Kasat Reskrim Polres Inhu, AKP Febriandy, SH.SIK.

Saksi pemohon, Sudarson, warga Dusun I Desa Talang Jerinjing Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam kesaksiannya mengatakan bahwa pada tahun 2001 sampai dengan tahun 2006 menjabat sebagai Kaur Pemerintahan di Desa Talang Jerinjing. Saya tahu persis lokasi kebun sawit milik pemohon. Karena pada masa itu saya sendiri yang melakukan pengukuran lahan tersebut, "ucapnya menjawab pertanyaan Hakim.

Sudarson menjelaskan, lokasi kebun sawit milik pemohon berada di RT 03 RW 02 Dusun I Desa Talang Jerinjing. Kepala Dusun (Kadus) pada masa itu adalah Kaidir. Sementara nama Pensil, setahu saya (Sudarson-red) tidak pernah sama sekali menjadi Ketua RT. Melainkan hanya sebagai warga biasa di desa. Saya juga tidak pernah mendengar atau mengetahui Dusun Lingkungan KM 13 di Desa Talang Jerinjing, "ungkapnya.

Saksi pemohon lainya yaitu, Hasbullah, Umar Usman, Asmar serta Kaidar yang sama-sama warga Desa Talang Jerinjing mengatakan hal yang sama dengan Sudarson bahwa lokasi kebun sawit milik pemohon itu berada di RT 03 RW 02 Dusun I. Bahkan ke 4 saksi pemohon tersebut mengatakan bahwa tidak pernah ada nama alamat dusun lingkungan KM 13 di Desa Talang Jerinjing, "sebut ke 4 saksi itu secara terpisah kepada PH pemohon dan pihak termohon dalam persidangan.

Diketahui, tahun 2017 lalu, Bonar Sitinjak membuat laporan polisi ke Polres Inhu dengan nomor : LP/67/V/2017/RIAU/RGT INHU tanggal 6 Mei 2017 dengan terlapor Elis Simangunsong yang diduga telah terjadi pemalsuan surat dan menggunakan surat palsu.

Entah dengan pertimbangan apa, pihak penyidik Polres Inhu menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap LP yang dibuat pemohon dengan nomor : SPPP/28/IX/2018/Reskrim tanggal 10 September 2018.

Bonar Sitinjak selaku pemohon mengatakan, tanggal 27 Pebruari 2019, saya membuat ke Kepala Kejaksaan Negeri Inhu cq Kasi Pidum Kejaksaan Inhu dengan perihal permintaan klarifikasi. Dalam surat itu, saya hanya mempertanyakan kepada Kejaksaan Negeri Inhu, apakah pihak Kejaksaan Negeri Inhu ada menerima surat SP3 dari penyidik Polres Inhu. Memang, hingga saat ini, pihak Kejaksaan Negeri Inhu belum menjawab surat saya secara tertulis.

Hanya saja, saya sudah mendengar langsung jawaban secara lisan dari salah seorang Jaksa yang tidak berkenan disebut namanya mengatakan bahwa pihak Kejaksaan Negeri Inhu belum pernah ada menerima surat SP3 dari penyidik Polres Inhu, "sebut Bonar menyampaikan ucapan Jaksa tersebut.

Dari semua keterangan saksi sudah mengatakan bahwa nama-nama yang ada dalam surat Elis Simangunsong yang disebut sebagai Ketua RT, bukanlah Ketua RT yang sebenarnya. Kalaulah benar apa yang diucapkan oleh Jaksa itu, apakah surat SP3 dari penyidik Polres Inhu itu sudah memenuhi pasal 109 KUHAP ?, "ujarnya balik bertanya.

Sidang praperadilan dipimpin oleh Hakim Tunggal yaitu Omori.R. Sitorus, SH.MH. (Lamhot Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas