Headlines News :
Home » , » Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Oknum Anggota Panwascam Berinisial "BR" Terancam Dilaporkan

Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Oknum Anggota Panwascam Berinisial "BR" Terancam Dilaporkan

Written By HARIANBERANTAS on Friday, March 8, 2019 | 9:11:00 PM

HARIANBERANTAS, KAMPAR- Diduga oknum anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tapung Hulu, menggunakan Ijazah Palsu (Ipal) pada saat pendaftaran diri sebagai salahsatu perta seleksi anggota Banwascam daerah wilayah Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Menurut informasi yang diterima sejumlah media dari sumber yang dipercaya menyebutkan, "jika panitia seleksi perekrutan Panwascam dari Panwaslu tidak teliti dan jeli memverifikasi data atau berkas yang masuk setiap calon Panwascam yang mendaftar, sehingga salahsatu peserta yang  menggunakan Ijazah Palsu (Ipal) lolos seleksi, Kata Sumber media, Senin (04/03/2019). seperti di kutip dari borgolnews.com.

Dalam release media Borgolnews menyebutkan, setelah ditelusuri kuat dugaan pengguna Ipal berinisial BR telah dinyatakan lulus seleksi dan sah menjadi anggota Panwascam Tapung Hulu, Kabupaten Kampar pada pemilihan umum serentak tahun 2019 ini.

Menurut keterangan warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya, mengaku sangat kenal dengan terduga pengguna Ipal tersebut. Bahkan sumber itu mengungkapkan jika terduga pelaku pengguna Ipal itu tidak pernah duduk dibangku salahsatu Sekolah Menengah Atas (SMA) ternama di Kota Pekanbaru selama ini. Jelasnya

Sementara terduga pelaku berinisial "RB" saat dikonfirmasi awak media, dirinya menjawab enteng pertanyaan yang dilontarkan. "Isu itu perlu saya jawab? Katanya tiga kali berturut-turut melalui sambungan selulernya, Selasa (5/3/19) (16:18) sore.

Terduga pelaku (BR,red), menambahkan jika dirinya sudah mengetahui siapa membocorkan rahasia pribadinya itu. "Saya  suda tahu itu siapa narasumbernya” Tambahnya.

Dugaan adanya salahsatu anggota Panwascam Tampung Hulu menggunakan Ipal, secara tegas dibantah oleh Ottri selaku Ketua Panwascam Tapung Hulu.

"Iformasi Ipal itu tidak ada itu. Saya jamin itu tidak benar," Tegas Ottri membantah saat dikonfirmasi awak media melalui telpon genggamnya.
Anehnya, Ottri malah bertanya kembali kepada awak media seakan melindungi oknum terduga pelaku pengguna Ipal say sudah disahkan sebagai anggotanya itu. "Darimana tahu informasi itu? Kata Ottri tanya balik dari jauh melalui seluler pibadinya itu.

Sedangkan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) Kabupaten Kampar, Syawir Abdullah, saat di konfirmasi awak media, mengatakan, "Kita dari Banwaslu Kabupaten belum ada laporan yang masuk terkait masalah Ipal yang digunakan salahsatu anggota Panwascam Tapung Hulu tersebut. Saya baru dengar informasi ini dari rekan-rekan pers" Katanya.

"Jika benar informasi ini pasti kita akan memberikan sanksi yang tegas sesuai aturan yang berlaku” Tegas Syawir Abdullah melalui seluler pribadinya saat dihubungi awak media.

Menanggapi isu tak sedap ditubuh Banwaslu tersebut, membuat Camat LSM LIRA Wilayah Tapung Hulu, Anar Nainggolan, angkat bicara.

Menurut  Anar Nainggolan, Jika benar ada salahsatu anggota Panwascam Tampung Hulu itu menggunakan Ijazah Palsu (Ipal), kita minta penegak hukum segera bertindak. "Perbuata ini tidak boleh di biarkan. Penegak Hukum harus tindak oknum itu secara tegas dan objektif dan trasparan, agar ada efek jerah kepada pelaku dan pihak lainya yang berani memalsukan dokumen negara" Sebutnya dengan tegas.

Anar menambahkan, pihaknya berjanji akan menelusuri dan mencari tahu kebenaran informasi pengguna Ipal tersebut.

"Kita akan berkoordinasi dulu ke terkait dan pihak panitia seleksi Panwascam. Rekan-rekan media mohon kesabarannya ya" Pinta Camat LSM LIRA Tapung yang kerap melapor itu ke penegak hukum.  (Tim)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas