Headlines News :
Home » , » Diduga Asal Jadi, Kegiatan Aucas Jalan Praka Wahyudi Labuhan Tangga Besar Rohil Ajang Kepentingan

Diduga Asal Jadi, Kegiatan Aucas Jalan Praka Wahyudi Labuhan Tangga Besar Rohil Ajang Kepentingan

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, March 19, 2019 | 8:04:00 PM

HARIANBERANTAS, BAGANSIAPIAPI- Diduga kegiatan paket proyek AUCAS Jalan Prakra Wahyudi Kep Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  yang dipimpin, Kadis PUPR setempat, H. Jon Syafrindow M.Si, bersumber dari Dana APBD tahun 2018 senilai Rp839.562.000, dan dikerjakan CV. Fitri Famili, menuai beragam keluhan warga setempat. Karena proses pekerjaannya dilapangan diduga asal-asalan, dan menyimpang dari rujukan kontrak/bestek.

Menurut keterangan salah satu warga setempat, Doni (34 tahun), Selasa (19/03/2019) Sabtu sore mengatakan, pengerjaan proyek yang dikeluarkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rohil ini, semestinya kegiatan yang harus dibagun itu, AUSAR jalan sebagaimana pedoman kontrak kerja dan rancangan anggaran biaya, bukan asal semborono dibangun yang akhirnya warga sekitar setiap hari menghirup udara debu hasil pekerjaan jalan yang asal-asalan oleh rekanan kontraktor, ucap Doni. 

Dijelaskan Doni, pekerjaan Aucas ini tahun 2018 kemaren asal-asalan. Sebab AUCAS tidak sesuai spesifikasi proyek seperti yang pernah kami lihat dalam Bestek dan RAB proyek. Material timbunan tanah yang digunakan tidak bercampur batu split. Kemudian timbunan jenis tanah merah, yang diangkut dumtruk, hanya diratakan menggunakan alat berat doser. Setelah timbunan itu datar, finising kerjaan diatas tanah baru ditaburi oleh kerikil lalu di bomak, ucap Doni.

Parahnya lagi akui Doni, paret pada kiri kanan ruas jalan tidak dikerjakan. Demikian kayu gambangan dan guitek juga tidak ada.

“Dengan demikian, itu artinya pemborong juga diuntungkan, karena material pekerjaan lapangan tidak berpedoman pada kontrak kerja dan RAB proyek itu lagi. Coba rekan-rekan Wartawan dan LSM yang turun kelokasi saat ini lihat. Jalannya sudah pada rusak dan bergelombang, debu jalan saat dilalui kendaraan-kendaraan setiap hari dihirup orang banyak. Ini Aucas jalan hanya pembodohan dan akal-akalan saja, karena didaerah Rohil ini tidak semua yang ingin melaporkan kasus-kasus proyek yang bermasalah seperti ini ke pihak berwajib,” ujarnya.

Doni tanpa ragu kepada media menyebutkan, kalau proyek Aucas tersebut terindikasi banyak penyimpangan dan mengatakan jika proyek itu adalah milik keluarga oknum penguasa. Hal yang sama juga diungkapkan warga lain, Iwan. Menurutnya, dana yang jumlahnya ratusan juta itu  terasa tidak sesuai dengan hasil yang dikerjakan dilapangan.

Ia maupun masyarakat setempat berharap aparat hukum yang membidangi tindak pidana korupsi pada Kejaksaan dan Poliri, dapat mengusut dugaan penyimpangan proyek Ausar jalan yang diduga dilakukan oknum pejabat di gedung putih melalui SKPD dinas PUPR Kabupaten Rohil, keluh salah satu warga ketika berbincang-bincang kepada tim Wartawan yang turun ke lokasi.

Iwan tidak menampik jika proyek itu adalah milik SKPD PUPR Rohil yang dipimpin Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rohil, H. Jon Syafrindow M.Si, selaku ipar Bupati, H. Suyatno, AMP. Iwan mengaku jika pengerjaan proyek Ausar jalan Wahyudi Kep Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir itu tidak sesuai harapan dan terkesan tanpa mengutamakan mutu dan kualitas bangunan. “Disamping itu proyek ini seharusnya dilaksanakan sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Tapi kok material kegiatan yang dilakukan bukan seperti yang tertuang dalam bestek/kontrak ya? heran Iwan bertanya.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rohil, H. Jon Syafrindow M.Si bersama Kabidnya Raja, termasuk PPTK proyek, Dedi dan kontraktor proyek saat dihubungi Wartawan, tak diangkat. Demikian konfirmasi melalui via SmS dan WhatssApp pribadinya, juga tak dijawab. Hingga berita ini terbit pihak terkait belum terkonfirmasi. ***(tr/sr)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas