Headlines News :
Home » » PT. Tesso Indah Lakukan PHK Besar-Bersaran Dengan Mengangkangi UU Ketenaga Kerjaan

PT. Tesso Indah Lakukan PHK Besar-Bersaran Dengan Mengangkangi UU Ketenaga Kerjaan

Written By HARIANBERANTAS on Friday, February 8, 2019 | 8:55:00 AM

HARIANBRANTAS, RENGAT- Perusahaan Perkebunan PT. Tesso Indah di desa Pasir Ringgit Kecamatan Lirik Inhu saat ini melakukan Putus Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawan sebanyak 140 (Seratus Empat Puluh) orang dengan  membayar uang phk atau pesangon sesuka hatinya atau aturan perusahaan sendiri, dan mengabaikan pasal 155 dan 156 undang undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan.
Doc: Kantor Pt. Tesso Indah di Desa Pasir Ringgit Kabupaten Inhu
Alasan PT. Tesso Indah ini, melakukan PHK sebanyak 140 (seratus empat puluh) orang karyawan dengan alasan “perusahaan mengalami kerugian sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2016 berkisar Rp. 90.000.000.000 (Sembilan Puluh Milyar).

Alasan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit itu mengalami kerugian bukan disebabkan dari ulah karyawan melainkan diduga ulahnya pihak management PT. Tesso Indah itu sendiri, seharusnya perusahaan harus membayar hak karyawan bukan mengorban ratusan jiwa karyawannya itu.

Salah seorang karyawan inisial (S) yang tidak mau disebut namanya mengatakan, PHK sepihak terhadap karyawan yang dilakukan pihak perusahaan  PT. Tesso Indah tidak pernah memanggil kami. Dan surat PHK-Pun tidak ada diterima sampai saat ini (5/2/2019) oleh pihak karyawan. Kalau memang di PHK seharusnya perusahaan memberikan buktisurat, sehingga jelas bahwa kami sudah di keluarkan bukan digantung seperti ini, Katanya.

Pihak management perusahaan PT. Tesso Indah saat konfirmasi awak media melalui KTU bermarga Simbolon mengatakan, masalah di PHK-Nya karyawan sebayak 140 (seratus) orang, saya tidak bisa menjawab. Itu wewenang pusat di Jakarta bukan wewenang kami. Silahkan langsung saja konfirmasi ke Hrd di di Jakarta.

Kalau pesangon karyawan yang di PHK sebanyak 140 orang sudah dibayar oleh perusahaan dari pusat, namun masih ada yang belum dibayar sebanyak 12 orang lagi, Katanya.

Secara terpisah, Hrd Pt. Tesso Indah, Puti Dian Mayasari, ketika dihubungi via telpon selulernya di nomor 08126527xxx mengatakan" mengenai PHK karyawan sebanyak 140 orang, itu internal perusahaan. Saya tidak bisa memberitahukan kepada pihak media manapun, Jawabnya. 7/2/2019.

Diminta pihak terkait khususnya Dinas Ketenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, dan Kabupaten Inhu, segera menindak pihak perusahaan yang mengkakangi Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan tanpa harus menunggu pengaduan/laporan dari masyarakat. Karena persoalan ini merupakan hajat orang banyak. (PS/Red)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas