Headlines News :
Home » » Dugaan Pungli di Kantor Pos Bengkalis, Sarbaini: Kalau Sempat Citra Saya Jelek di Sini, Nanti Saya Balikkan

Dugaan Pungli di Kantor Pos Bengkalis, Sarbaini: Kalau Sempat Citra Saya Jelek di Sini, Nanti Saya Balikkan

Written By HARIANBERANTAS on Friday, February 8, 2019 | 8:12:00 AM

HARIANBERANTAS, BENGKALIS- Kantor Pos salah satu kantor pelayanan yang ditunjuk pemerintah untuk pemeteraian dan legalisir, dengan ketentuan jenis materai wajib bayar sesuai harga.

Berawal dari temuan informasi, masyarakat yang berurusan pada Pengadilan Agama maupun pada Pengadilan Negeri setempat, diwajibkan melakukan permeteraian dan leges sejumlah bukti surat-menyurat dengan Materai Rp6000. Namun praktek bukti surat yang harus dilegalisir diatas Materai Rp6000 pada pelayanan kantor Pos Bengkalis, justeru membebankan konsumen atau pihak yang berurusan pada Pengadilan tersebut dengan wajib bayar biaya leges sebesar Rp10.000 perlembar.

Hal ini terbukti, ketika salah seorang warga melakukan permintaan leges surat diatas Materai Rp6000 pada kantor pos Bengkalis, dengan jumlah lembaran bukti surat 9 lembar, dipungut biaya sebesar Rp10 ribu/lembar.

Kepala kantor pos Bengkalis, Sarbaini, saat dikonfirmasi Wartawan dikantornya, Kamis (7/2) mengatakan, kalau sebelumnya memang ada pungutan Rp4000 yang melebihi dari harga Materai Rp6000. Namun mulai saat ini, kegiatan itu sudah kami stop, ujarnya.

Dikatakannya (Sarbaini-red), kami membebani biaya Rp10000 per lembar surat itu, merupakan kebijakan yang di ambil untuk membantu masyarakat yang seharusnya melakukan leges ke daerah Dumai sana, katanya.

“Kalau sempat citra saya jelek gara-gara ini, nanti saya balikan. Ada hak saya untuk menuntut, karena dari bukti leges beberapa surat tadi itu, pengadilan agama yang menulis Rp10000 perlembar surat untuk dileges”, ucap Sarbaini.

Bagian umum pengadilan agama Bengkalis, Wira, membantah keterangan kepala kantor Pos Bengkalis, Sarbaini tersebut kepada, “Kami tidak ada memerintahkan maupun kerja sama demikian. Apa yang disampaikan kepala kantor pos itu, tidak benar adanya,” ujar Wira. (Gabe/SP)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas