Headlines News :
Home » » DPRD Jabar Dukung Perda Lansia

DPRD Jabar Dukung Perda Lansia

Written By Harian Berantas on Thursday, February 7, 2019 | 9:13:00 PM

HARIANBERANTAS, JAWABARAT- DPDR Jawa Barat sambut baik rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan mengkaji pembuatan Peraturan Daerah (Perda) Lanjut Usia /Lansia).

Seperti diketahui , saat  ini Jawa Barat belum memiliki Perda khusus yang mengatur tentang  Lanjut usia (lansia), perhatian terkait Lanjut usia di Jawa Barat Hanya terdapat pada Perda Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan terdapat pasal yang mengatur tentang lansia, serta balita.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, mengatakan akan lebih baik apabila ada perda khusus tentang Lansia .

“Kalau ada perda khusus tentang lansia, itu lebih bagus. Seperti halnya perda tentang disabilitas yang sudah ada,”  ucapnya di bandung Senin. (4/2) .

Namun menurut Ineu, Pemprov dan DPRD, Bukan berarti  belum pernah membahas tentang dukungan kepada Lansia.

"Tapi bila ada Perda khusus tentang Lansia, itu kebih bagus. Perda tentang disabilitas kan sudah ada,” ujar Ineu.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengkaji Perda tentang Lansia untuk menjamin pelayanan kepada Lansia.

"Tahun 2019 ini kita kaji (Perda), kalau berhasil nanti di 2020 ada pertolongan-pertolongan, salah satunya kita gratiskan pelayanan-pelayanan kepada lansia," katanya.

Menurutnya saat ini, usia harapan hidup di Jabar 72 tahun sedangkan persentase antara usia Lansia terhadap jumlah penduduk meningkat dari 7 persen menjadi hampir 10 persen. Masih banyak para Lansia yang masih produktif.  Meniru Pemerintah Provinsi Bali, Ridwan Kamil ingin para Lansia yang masih produktif ini dilibatkan dalam pembangunan daerah. (RISWAN.P)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas