Headlines News :
Home » » Sejumlah Proyek Desa Air Jernih Diduga Siluman

Sejumlah Proyek Desa Air Jernih Diduga Siluman

Written By Harian Berantas on Wednesday, December 26, 2018 | 4:04:00 PM

HARIANBERANTAS, RENGAT- Sejumlah Proyek yang bersumber dari APBN melalui Desa Air Jernih Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu-Riau yang terletak di Rt. 8, diduga siluman.

Pasalnya, proyek dibawah naungan Kades Air Jenih tersebut disepanjang jalan yang dibuat oleh PTPN V pada tahun 1980, hanya sekedar dibersihkan dan pembentukan badan saja. Akan tetapi menurut informasi biaya pemberihan jalan itu memakan ADD sebesar Rp. 190 s/d 230 Juta dan tanpa dipasang plang proyek.

Ketidak dipasangnya plang nama sejumlah proyek Desa Air Jernih ini menimbulkan tanda tanya besar di kalangan tokoh masyarakat. Bahkan banyak masyarakat menduga proyek itu hanya sebagai tameng untuk memperkaya diri/kelompok para oknum pelaksana saja. Imbuh warga yang tidak menyebut namanya dengan kesal.

Menurut warga Desa Air Jernih itu, mengatakan bahwa pentingnya dipasang papan informasi kepada masyarakat sekitar dan bagi seluruh masyarakat umum sebagai landasan pengawasan dan bukti ketransparansi pihak pelaksana. Namun kenyataannya adalah sebaliknya.

Ketika awak media ini komfirmasi kepala Desa Air Jernih, Azwar MR melalui selulernya 08126179xxxx, terkait informasi masalah proyek ini dari lokasi pekerjaan, mekipun berulang ulang berdering namun tidak mau angkatnya.

Sedangkan Erumji mantan kadus 2 ketika dijumpai awak media dilokasi proyek mengatakan " aneh proyek ini, papan proyek tidak dibuat sebagai informasi kepada masyarakat sini dan masyarakat dari luar. 

"Seharusnya dibuat dulu plang priyeknya baru dikerjakan, tegasnya.

Jika proyek ini cuman dibersihkan dan pembentukan badan jalan saja, bahaya bagi petani sekitar sini. Jika hujan nanti akan menjadi bubur dan tak bisa dilalui. Kata Mantan Kadus ini.

Lebih baik proyek itu tidak usah dilaksanakan dari pada masyarakat nanti komplein. Soalnya jalan yang ada lebih rendah dari pada kebun masyarakat. Nanti kalau tergenang air hujan, saya tinggal beli bibit ikan untuk dipelihara di lokasi ini.

Sedangkan Kadus aktif ketika ditanya wartawan mengatakan, kalau dana proyek ini sekitar Rp. 190 juta yang bersumber dari APBN. Terkait pekerjaannya, pembersihan dan pembentukan badan jalan saja dengan panjang sekitar 3.800 meter.  Dab plang proyek ini saya tidak tau,  bapak tanya langsung ke Kades kami ujarnya.

Sementara menurut warga setempat menjelaskan " jika proyek ini dananya sekitar Rp. 230 juta, kalau hanya pembersihan dan pembentukan badan jalan sepanjang 3.800 meter dananya sungguh besar. Papan proyeknyapun tidak dibuat, mohon proyek ini di stop aja.

Masalah alat disewa  sekitar Rp.4 juta perhari, sedangkan alat selama 4 hari bekerja mulai tanggal 22/12 s/d 25 sudah selesai pembersihan. Tinggal Greder paling paling 4 hari membentuk jalan sepanjang  3.800 meter sudah rampung.  Proyek desa ini terlalu besar dananya, mohon pihak dinas terkait atau pemerintahan Inhu sidak kelokasi ujarnya. (Pinten)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas