Headlines News :
Home » » Mutasi Pekerja, Ketua SPN Inhu, Tengku Ridwan : PT KAT Perusahaan Mafia

Mutasi Pekerja, Ketua SPN Inhu, Tengku Ridwan : PT KAT Perusahaan Mafia

Written By Harian Berantas on Tuesday, December 4, 2018 | 8:45:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke PT. Kencana Amal Tani (KAT) Desa Kelesa, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (04/12).

Sidak yang dilaksanakan DPRD Inhu ini terkait laporan pengaduan dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kab. Inhu atas mutasi kerja sepihak kepada puluhan tenaga kerja yang dilakukan oleh pihak management PT. KAT beberapa hari lalu.

Rombongan Sidak DPRD Inhu ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Inhu, Miswanto SE, didampingi oleh Ketua Komisi IV DPRD Inhu, Sugeng Riyono, Ketua Komisi III DPRD Inhu, Raja Irwan Toni, Sekretaris Komisi IV DPRD Inhu, Marlius serta Camat Seberida, Wisnu Nugroho dan Ketua SPN Kab. Inhu, Tengku Ridwan beserta anggotanya diterima langsung oleh Manager PT. KAT, Shomad Nurussubach di ruang kantornya.

Pada kesempatan itu, Miswanto SE mengatakan, permasalahan mutasi kerja sepihak yang dilakukan oleh management PT. KAT kepada puluhan tenaga kerja menjadi tenaga panen merupakan tindakan yang keliru dan bertentangan dengan norma-norma sosial kemanusiaan. Apalagi, puluhan tenaga kerja tersebut merupakan Nazir Mesjid di lingkungan perumahan PT. KAT.

Diminta kepada pihak management  PT. KAT agar masalah yang dialami oleh puluhan tenaga kerja Nazir Mesjid dikembalikan kembali kepada pekerjaanya posisi semula.

Dan, bila PT. KAT menganggap puluhan tenaga kerja Nazir Mesjid tidak mematuhi aturan mutasi tersebut sudah dianggap sebagai bukti mengundurkan diri, ya gak apa-apa. Tapi, diminta kepada pihak PT. KAT agar membayar semua hak-hak normatif mereka sesuai aturan yang berlaku, "tegas Ketua DPRD Inhu 2 periode ini.

Berikut nama-nama tenaga kerja yang dimutasikan oleh PT. KAT, antara lain :
  1. Jupriadi ( Nazir Mesjid )
  2. Diah Erlia (Karyawan Semprot)
  3. Ruslan ( Nazir Mesjid )
  4. Suparno ( Nazir Mesjid )
  5. Muslimin ( Nazir Mesjid)
  6. Samsudin ( Nazir Mesjid)
  7. Sarjiman ( Nazir Mesjid)
  8. Sutrisman ( Nazir Mesjid)
  9. Subahman ( Nazir Mesjid)
  10. M. Mumu ( Nazir Mesjid).
Sementara, Sekretaris Komisi IV DPRD Inhu, Marlius mengecam keras tindakan PT. KAT yang melakukan mutasi kepada tenaga kerja yang bukan bidangnya. Bagaimana mungkin pekerja yang sudah berumur 58 tahun mampu mengegret buah sawit. Mungkin mengangkat gagang anggrek saja gak mampu. Dimana hati nurani pak Shomad selaku pimpinan tertinggi di PT. KAT ini..?

"Persoalan ini jangan pak Shomad anggap remeh, ini persoalan serius. Ini menyangkut perut. Kalian seenaknya hanya menguras tenaga mereka tanpa peduli masa depan keluarganya. Kami selaku wakil rakyat Indragiri Hulu akan tetap memperjuangkan masalah ini sampai tuntas,"sebut politisi Partai Gerindra ini dengan wajah marah.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi IV DPRD Inhu, Sugeng Riyono yang membidangi ketenagakerjaan menghimbau kepada management PT. KAT agar mempekerjakan tenaga kerja itu sesuai dengan norma-norma UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang ada.

Ketua SPN Kab. Inhu, Tengku Ridwan menyebutkan bahwa PT. KAT merupakan perusahaan mafia yang tidak peduli terhadap pekerjannya. Masa tenaga kerja yang sudah berumur 58 tahun pun mau dijadikan tenaga panen sawit. Seharusnya, mereka-mereka yang sudah berumur di atas 55 tahun sudah harus pensiun.

Jangan-jangan PT. KAT ini tidak memberlakukan program pensiun. Lagi pula seenaknya lakukan mutasi tanpa memperhatikan norma-norma sosial kemanusiaan. Mau jadi apa PT. KAT ini di Indragiri Hulu..?, "ucapnya dengan nada kesal.

Anehnya, meskipun bertubi-tubi rombongan Sidak DPRD Inhu ini melancarkan perbincangan keras yang dilontarkan ke manager PT. KAT itu, dengan sikap yang tidak terpuji, Shomad Nurussubach hanya menjawab bahwa terkait mutasi yang terjadi merupakan urusan personalia. Itu bukan urusan saya pak dewan. Saya hanya bisa menyampaikan kepada personalia apa yang sudah kita bicarakan ini, "ucapnya singkat.

Penulis : Lamhot Manurung
Penanggungjawab: B. Anas 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas