Headlines News :
Home » , » Kadiskominfotik Bengkalis Serahkan Email Sanapati ke-11 Kecamatan

Kadiskominfotik Bengkalis Serahkan Email Sanapati ke-11 Kecamatan

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, December 13, 2018 | 5:19:00 PM

HARIANBERANTAS, BENGKALIS– Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis melalui Bidang Statistik dan Persandian menyerahkan e-mail Sanapati kepada kesebelas Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, Kamis 13 Desember 2018, bertempat diruang Statistik dan Persandian.

Penyerahan e-mail Sanapati tersebut diserahkan Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri diwakili Kepala Bidang Statistik dan Persandian Taufik, didampingi Kepala Seksi Statistik Asip Alias Gholap, Kepala Seksi Pengawasan Hj. Amriani dan Staf Persandian Adi Karsono.

Dijelaskan Taufik, e-mail sanapati merupakan e-mail khusus dengan user tertentu dengan tingkat pengamanan yang baik.

E-mail tersebut berperan sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan antara jajaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemda Kabupaten/ Kota dan sampai ke Kecamatan.

Taufik menambahkan, akun sanapati ini bertujuan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan jaringan komunikasi sandi antar unit persandian dengan peran admin email sanapati guna meningkatkan koordinasi kerja dalam upaya pengamanan infomasi dan jalur komunikasi strategis di Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dasar Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Perturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Pulik,  Peraturan Kepala Sandi Negara Nomor 7 tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Untuk Pengamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

“Pengamanan informasi dan komunikasi adalah salah satu langkah penting yang perlu dilaksanakan dalam mengoptimalkan penyelenggaraan jaringan komunikasi sandi sampai ke kecamatan,” ujarnya.

Oleh karena itu dengan adanya para admin email sanapati ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi kerja dalam upaya pengamanan infomasi dan jalur komunikasi strategis di Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya di setiap Kecamtan se-Kabupaten Bengkalis.

“Kami berharap kepada pemegang email sanapati bisa untuk memilih, memilah, dan membedakan informasi-informasi yang bersifat rahasia, sangat rahasia, terbatas, penting, dan biasa,” kata Taufik.

Masih dikatakan Taufik, untuk itu kepada petugas akun  yang ditunjuk oleh pihak kecamatan  harus mampu melaksanakan tugas dengan baik sehingga informasi rahasia pemerintah tetap terjaga kerahasiaannya.

Selain itu kepada petugas yang mengelola akun  ini perlu memahami seutuhnya agar informasi rahasia pemerintah tetap terjaga. (ADVETORIAL/DIK)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas