Headlines News :
Home » » Besok, DPRD Inhu "Turun Gunung" Sidak Dua Perusahaan

Besok, DPRD Inhu "Turun Gunung" Sidak Dua Perusahaan

Written By Harian Berantas on Monday, December 3, 2018 | 1:00:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Bila tidak ada aral melintang, besok Selasa 04 Desember 2018 sekira pukul 10 Wib, DPRD Kabupaten Indragiri hulu "turun gunung" lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kelokasi PT Seberida Subur (SS) dan PT Kanca Amal Tani (KAT) terkait mutasi terhadap puluhan tenaga kerja yang diduga melabrak UU Ketenagakerjaan.

Demikian hal ini disampaikan Ketua DPRD Inhu, Miswanto SE didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Inhu, Sumini Spd usai memimpin rapat hearing dengar pendapat dengan PT. SS dan PT. KAT, Senin (03/12) di kantor DRPD Kab. Inhu.

Turut hadir, Ketua Komisi IV DPRD Inhu, Sugeng Riyono, Anggota Komisi IV DPRD Inhu, Heber Lubis, Marlius serta Ketua Komisi III DPRD Inhu, Raja Irwan Toni, Camat Batang Gangsal, Eli Narion, Camat Seberida, Wisnu Nugroho, Kasi Penta Disnaker Inhu, Joko, Kades Kelesa, Joni, Kades Siambul, Ketua SPN Kab. Inhu, Tengku Ridwan serta 9 orang tenaga kerja.

Meskipun perwakilan dari PT. SS dan PT. KAT tidak hadir, namun rapat hearing tetap dilanjutkan dengan agenda mendengar keluhan-keluhan tenaga kerja yang terkena mutasi.

Pada kesempatan itu, Ketua Serikat Pekerja Nasional ( SPN ) Kab. Inhu, Tengku Ridwan menjelaskan bahwa sesungguhnya PT. SS dan PT. KAT yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Batang Gangsal itu diduga kuat telah melabrak UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja.

Bagaimana tidak, mutasi kerja yang dilakukan oleh PT. SS dan PT. KAT terhadap 9 orang tenaga kerjanya itu rata-rata usia 58 tahun. Bagaimana mungkin tenaga kerja yang sudah berumur 58 tahun sanggup tenaga panen. Mestinya PT. SS dan PT. KAT sudah harus melakukan pensiun terhadap tenaga kerja berusia di atas 55 tahun, "kata Ridwan dalam rapat hearing DPRD Inhu. 

Camat Batang Gangsal, Eli Narion mengatakan, kalau sekiranya PT. SS dan PT. KAT bisa hadir dalam rapat hearing ini, saya ingin mempertanyakan apakah perusahaan itu sudah mempunyai izin Hak Guna Usaha (HGU). PT. SS dan PT. KAT gak boleh seenaknya lakukan mutasi terhadap tenaga kerjanya. Masa guru ngaji dimutasi menjadi tenaga panen.

Sementara, Camat Seberida, Wisnu Nugroho sangat menyayangkan sikap dari management PT. SS dan PT. KAT yang melakukan mutasi terhadap puluhan tenaga kerja yang awalnya guru ngaji menjadi tenaga panen. Ini seharusnya gak boleh terjadi. Apalagi bapak-bapak yang mendapatkan mutasi ini sudah pada tua-tua. Bagaimana mungkin bapak-bapak yang sudah berumur 58 tahun mampu sebagai tenaga panen, "kata Wisnu dalam rapat hearing DPRD Inhu.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Disnaker Inhu, Joko menyampaikan hal yang berbeda. Masalah mutasi tenaga kerja yang dilakukan oleh PT. SS dan PT. KAT merupakan hak mutlak dari perusahaan itu sendiri sesuai UU Ketenagakerjaan. Hanya saja, sebelum PT. SS dan PT. KAT melakukan mutasi terhadap tenaga kerjanya, perlu memperhatikan aspek-aspek sosial kemanusiaan.

Sementara, Heber Lubis Anggota Komisi IV DPRD Inhu yang membidangi ketenagakerjaan mengatakan, dalam hal mutasi kerja terhadap tenaga kerja oleh perusahaan, itu diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang menjadi acuan hak dan kewajiban antara tenaga kerja dengan perusahaan.

Hanya saja, PT. SS dan PT. KAT tersebut harus mempertimbangkan sisi atau dampak sosial kemanusiaan. Apalagi, tenaga kerja yang terkena mutasi ini sudah memiliki usia 58 tahun, "sebut politisi Partai PDI-P ini.

Terkait ketidakhadiran PT. SS dan PT. KAT dalam rapat hearing yang digelar DPRD Inhu dan setelah mendengar keluhan-keluhan tenaga kerja yang kena mutasi oleh PT. SS dan PT. KAT, Ketua DPRD Inhu, Miswanto SE memutuskan bahwa besok Selasa 04 Desember 2018 sekira pukul 10 Wib, DPRD Inhu bersama instansi terkait akan lakukan sidak di lokasi kerja PT. SS dan PT. KAT Kecamatan Batang Gangsal, Kab. Inhu.

Penulis : Lamhot Manurung. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas