Headlines News :
Home » » Disdukcapil Rohil Bakal Sosialisasikan Perpres 96 tahun 2018

Disdukcapil Rohil Bakal Sosialisasikan Perpres 96 tahun 2018

Written By Harian Berantas on Friday, November 16, 2018 | 7:54:00 PM

HARIANBERANTAS, ROHIL- Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohil bakal melaksanakan sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) nomor 96 tahun 2018 dalam administrasi pengurusan pindah domisili.
Kadisdukcapil Basaruddin

"Untuk kabupaten Rohil aturan baru tersebut belum berjalan sesuai dengan perpres," jelas Kadisdukcapil Rokan Hilir (Rohil) Basaruddin, dikonfirmasi Jumat (9/11/2018), di ruang kerjanya.

Aturan baru itu lanjutnya, merupakan perubahan Perpres nomor 25 tahun 2008. Dimana dalam aturan baru ada beberapa perubahan dalam kepengurusan kependudukan yang dipermudah. Salah satunya ada mutasi domisili.

"Selama ini kan bagi masyarakat yang ingin mengurus surat pindah domisili terlebih dahulu harus mengambil surat pengantar dari RT maupun RW, Kepenghuluan dan Kecamatan, namun dengan aturan baru itu cukup langsung datang ke kantor Disduk, " katanya

Adanya aturan tersebut sebutnya,  satu sisi tentunya membutuhkan koordinasi dan sosialisasi di tingkat Disdukcapil maupun kepenghuluan dan kecamatan. Sehingga ada pemahaman yang sama dalam perlakuan administrasi pindah domisili.

"Kita belum melaksanakan aturan itu, bukan kita tidak mengindahkan aturan, namun tentunya kita harus melakukan sosialisasi dulu dengan mengirimkan surat ke kecamatan dan disampaikan kepenghuluan,"terangnya.

Dalam penerapan nantinya tambah Basaruddin, tentu tidak semudah yang disebutkan. "Tentunya akan ada nantinya pengisian formulir, kalau tidak pertanggung jawabannya nanti seperti apa," Jelasnya.

pihaknya akan segera melakukan sosialisasi dengan menyurati setiap kecamatan dan kepenghuluan agar sama-sama mengetahui aturan baru yang telah ditetapkan.

"Memang aturan baru itu bertujuan untuk mempermudah masyarakat, namun tentunya kita pelajari dan sosialisasi dulu, sosialisasi bisa melalui surat, bila perlu kita pasang baliho di kecamatan, "imbuhnya. (Arif)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas